ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS DAN PENDAPATAN PETANI PADA PELAKSANAAN SIMANTRI DI KABUPATEN BADUNG

  • Ni Komang Tari Juliantari Universitas Udayana
  • I Ketut Sutrisna

Abstract

Pola integrasi antara tanaman dan ternak atau yang sering disebut dengan sistem pertanian terintegrasi/terpadu adalah suatu sistem yang memadukan antara kegiatan peternakan dan pertanian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis secara simultan dan parsial pengaruh pengalaman usaha tani, peran pendamping  dan teknologi secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas dan pendapatan petani pada pelaksanaan program Simantri di Kabupaten Badung. Jumlah sampel yang yang diambil sebanyak 90 petani yang yang tergabung dalam gapoktan Simantri dengan metode propotionale stratified random sampling.


 Hasil analisis menggunakan analisis regresi linier berganda menyatakan bahwa secara parsial dan simultan variabel pengalaman usaha tani, variabel peran pendamping, dan variabel teknologi memberikan pengaruh positif dan signifikan  terhadap produktivitas dan pendapatan petani pada pelaksanaan Siamantri di Kabupaten Badung. Saran yang dapat diberikan untuk pemerintah konsisten dalam memperhatikan petani-petani yang tergabung dalam Gapoktan dan dapat membantu meminimalisir masalah-masalah yang dihadapi petani karena masih banyak petani yang belum memiliki pengetahuan dalam pengelolaan program Simantri. Selain itu, diharapkan tiap pendamping Simantri hendaknya selalu memberikan bimbingan kepada petani dan terus berinovasi agar produktivitas petani Simantri dapat maksimal sehingga pendapatan juga meningkat yang nantinya akan membantu perekonomian.


  

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-18
How to Cite
JULIANTARI, Ni Komang Tari; SUTRISNA, I Ketut. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS DAN PENDAPATAN PETANI PADA PELAKSANAAN SIMANTRI DI KABUPATEN BADUNG. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], p. 708 - 734, apr. 2018. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/38424>. Date accessed: 29 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)