PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA PERIMBANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PADA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BALI

  • Ida Ayu Putu Mega Rosita Universitas Udayana
  • I Ketut Sutrisna

Abstract

ABSTRAK


Salah.satu tujuan. yang ingin dicapai pemerintah ataupun daerah salah satunya yaitu adalah kesejahteraan masyarakat. Sumber-sumber pembiayaan baik dari pusat maupun daerah sangat diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Sumber pembiayaan dari pusat yaitu dana perimbangan sedangkan sumber pembiayaan dari kemampuan daerah yaitu seperti pendapatan asli daerah serta pendapatan lain-lain daerah yang sah. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu adalah untk menganalisis.pengaruh pendapatan.asli daerah (PAD) dan.dana perimbangan terhadap.pertumbuhan ekonomi dan.kesejahteraan masyarakat pada. kabupaten/kota.di Provinsi Bali. Dimana teknik analisis. yang digunakan adalah  dengan teknik analisis path. PAD dan dana perimbangan menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Pengaruh langsung ditunjukkan oleh PAD  terhadap kesejahteraan masyarakat dan pengaruh tidak langsung ditunjukkan oleh dana perimbangan terhadap kesejahteraan masyarakat. Sedangkan pertumbuhan ekonomi menunjukkan pengaruh yang positif signifikan dengan kesejahteraan masyarakat dan,  pertumbuhan ekonomi sebagai variabel yang memediasi pengaruh antara PAD dan dana perimbangan terhadap kesejahteraan masyarakat.


Kata Kunci : Kesejahteraan masyarakat, Pendapatan asli daerah (PAD), dana perimbangan, pertumbuhan ekonomi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-06-06
How to Cite
ROSITA, Ida Ayu Putu Mega; SUTRISNA, I Ketut. PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA PERIMBANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PADA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BALI. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], p. 1445-1471, june 2018. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/38751>. Date accessed: 16 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)