PENGARUH IPM DAN PMDN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI BALI

  • Ni Putu Sri Puspita Yanthi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Ketut Sutrisna

Abstract

Setiap daerah mempunyai corak pertumbuhan ekonomi yang berbeda antar daerahnya. Pertumbuhan ekonomi yang hanya berpusat pada satu daerah akan menciptakan ketimpangan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis pengaruh IPM dan PMDN terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Provinsi Bali, (2) menganalisis pengaruh IPM, PMDN dan pertumbuhan ekonomi terhadap ketimpangan distribusi pendapatan kabupaten/kota di Provinsi Bali, dan (3) menganalisis pengaruh tidak langsung IPM, PMDN dan pertumbuhan ekonomi terhadap ketimpangan distribusi pendapatan melalui pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Provinsi Bali. Data yang digunakan adalah data sekunder, dengan jumlah pengamatan 45 pengamatan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) IPM berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Provinsi Bali, sedangkan PMDN berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Provinsi Bali, (2) IPM berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ketimpangan distribusi pendapatan kabupaten/kota di Provinsi Bali, PMDN berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketimpangan distribusi pendapatan kabupaten/kota di Provinsi Bali, sedangkan pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketimpangan distribusi pendapatan kabupaten/kota di Provinsi Bali, dan (3) IPM tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap ketimpangan distribusi pendapatan melalui pertumbuhan ekonomi dan PMDN tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap ketimpangan distribusi pendapatan melalui pertumbuhan ekonomi.


Kata kunci: IPM, PMDN, Pertumbuhan EKonomi, Ketimpangan Distribusi Pendapatan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-26
How to Cite
YANTHI, Ni Putu Sri Puspita; SUTRISNA, I Ketut. PENGARUH IPM DAN PMDN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI BALI. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 10, n. 5, p. 2193 - 2222, may 2021. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/56693>. Date accessed: 20 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)