FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN HEALTH LITERACY PADA MAHASISWA KEPERAWATAN DI UNIVERSITAS UDAYANA DENPASAR, BALI
Abstrak
Health literacy adalah salah satu penentu kesehatan. Kurangnya partisipasi perawatan kesehatan, penggunaan pelayanan preventif, dan partisipasi dalam penerapan perilaku hidup sehat berhubungan dengan rendahnya health literacy seseorang. Health Literacy pada mahasiswa keperawatan perlu diperhatikan karena mahasiswa keperawatan merupakan calon tenaga kesehatan masa depan yang memiliki peran vital sebagai edukator. Penelitian ini memiliki tujuan adalah untuk mengkaji faktor yang berhubungan dengan health literacy pada mahasiwa keperawatan di Universitas Udayana. Penelitian ini berjenis deskriptif dan korelasional dengan menggunakan pendekatan cross-sectional. Teknik Proportionate Stratified Random Sampling digunakan pada penelitian ini dan penelitian dilakukan pada 148 responden dari empat semester yang berbeda. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah formulir karakteristik responden dan Short-Form Health Literacy Survey Tool (HLS-SF-12). Uji analisis Deskriptif Statistik, Tendensi Sentral, Korelasi Gamma dan Koefisien Kontingensi digunakan pada penelitian ini. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa tingkat semester, jenis kelamin, tingkat pendidikan tertinggi orangtua, keberadaan masalah kesehatan dengan health literacy, dan frekuensi penggunaan internet untuk tujuan kesehatan tidak berhubungan dengan tingkat health literacy mahasiswa keperawatan di Universitas Udayana (p>0,05). Mahasiswa keperawatan di Universitas Udayana dengan health literacy rendah. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada staf pengajar untuk lebih memperhatikan dan mengintegrasikan health literacy ke dalam proses pembelajaran mahasiswa keperawatan seperti pada mata kuliah promosi kesehatan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Bonnie, R. J., Stroud, C., & Breiner, H. (2015). Young Adults in the 21st Century. National Academies Press (US). Retrieved from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK284782/
Duong, T. V., Aringazina, A., Baisunova, G., Nurjanah, Pham, T. V., Pham, K. M., Truong, T. Q., Nguyen, K. T., Oo, W. M., Mohamad, E., Su, T. T., Huang, H.-L., Sørensen, K., Pelikan, J. M., Van den Broucke, S., & Chang, P. W. (2017). Measuring Health Literacy in Asia: Validation of the HLS-EU-Q47 Survey Tool in Six Asian Coutries. Journal of Epidemiology, 27(2), 80–86. doi: 10.3928/24748307-20190225-01
Erunal, M., Ozkaya, B., Mert, H., & Kucukguclu, O. (2019). Investigation of Health Literacy Levels of Nursing Students and Affectiong Factors. 11(3), 11.
Febriani, W. M. (2019). Gambar Perilaku Pencarian Pengobatan pada Mahasiswa Fakultas Kesehetan Masyarakat di Universitas Airlangga, Jurnal PROMKES, 7(2), 193. doi: 10.20473/jpk.V7.I2.2019.193-203
Holt, K. A., Overgaard, D., Engel, L. V., & Kayser, L. (2020). Health Literacy, Digital Literacy, and eHealth Literacy in Danish Nursing Students at Entry and Graduate Level: A Cross Sectional Study, BMC Nursing, 19(1), 22. doi: 10.1186/s12912-020-00418-w
Kennard, D. K. (2016). Health Literacy Concepts in Nursing Education. 2.
Kickbusch, I., Pelikan, J. M., Apfel, F., & Tsouros, A. D. (2013). Health literacy: The solid facts. World Health Organization Regional Office for Europe.
Kolnik, T. Š., Hozjan, D., & Babnik, K. (2017). Health Literacy and Health Related Lifestyle Among Nursing Students. Pielegniarstwo XXI Wieku / Nursing in the 21st Century, 16(2), 42–46. doi: 10.1515/pielxxiw-2017-0017
Lau, J. S., & Neinstein, L. (2017). Young Adult Health and Well-Being: A Position Statement of the Society for Adolescent Health and Medicine. Journal of Adolescent Health, 60(6), 758–759. doi: 10.1016/j.jadohealth.2017.03.021
McCleary-Jones, V. (2012). Assessing Nursing Students’ Knowledge of Health Literacy: Nurse Educator, 37(5), 214–217. doi: 10.1097/NNE.0b013e318262ead3
Ozen, N., Bal Ozkaptan, B., Coskun, S., & Terzioglu, F. (2019). Health Literacy of Nursing Students and Its Effective Factors. Nursing Forum, 54(3), 396–402. doi: 10.1111/nuf.12346
Park, H., & Lee, E. (2015). Self-reported eHealth Literacy among Undergraduate Nursing students in South Korea: A pilot study. Nurse Education Today, 35(2), 408–413. doi: 10.1016/j.nedt.2014.10.022
Setyawan, M. B. (2017). Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Health Literacy pada Perawat di RSU Haji Surabaya. Universitas Gajah Mada.
Sørensen, K., Van den Broucke, S., Fullam, J., Doyle, G., Pelikan, J., Slonska, Z., & Brand, H. (2012). Health Literacy and Public Health: A Systematic Review and Integration of Definitions and Models. BMC Public Health, 12(1), 80. doi: 10.1186/1471-2458-12-80
Uysal, N., Ceylan, E., & Koç, A. (2019). Health Literacy Level and Influencing Factors in University Students. Health & Social Care in the Community. doi: 10.1111/hsc.12883
Zhang, Y., Zhang, F., Hu, P., Huang, W., Lu, L., Bai, R., Sharma, M., & Zhao, Y. (2016). Exploring Health Literacy in Medical University Students of Chongqing, China: A Cross-Sectional Study. PLOS ONE, 11(4), e0152547. doi: 10.1016/S0140-6736(16)32026-8