PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP SELF-EFFICACY ORANGTUA DALAM PENANGANAN CHOKING PADA ANAK DI RA DARUL HUDA
Abstract
Choking merupakan kondisi kegawatdaruratan yang bisa terjadi pada siapa saja khususnya pada anak, oleh karena itu diperlukan pertolongan pertama dengan segera karena dapat mengancam jiwa. Faktor yang dapat mendukung tindakan orangtua dalam melakukan pertolongan pertama choking adalah Self-efficacy. Self-efficacy merupakan kepercayaan diri seseorang karena kemampuannya untuk melaksanakan serangkaian tindakan, sehingga penting untuk meningkatkan self-efficacy orangtua dalam penanganan choking dengan salah satunya memberikan penyuluhan kesehatan. Media penyuluh yang bisa dimanfaatkan yakni media audiovisual. Media ini memiliki kelebihan yang dimana dapat memberikan visualisasi yang baik dan dapat diputar berulang kali. Penelitian ini memiliki tujuan dalam mencari tahu dampak pemberian penyuluhan kesehatan dengan media audiovisual terhadap self-efficacy orangtua dalam penanganan choking pada anak di RA Darul Huda. Jenis penelitian bersifat kuantitatif dengan desain penelitian quasi experiment one group pre-test post-test sebanyak 33 responden. Teknik sampling dengan purposive sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Penyuluhan kesehatan diberikan dengan media audiovisual. Dari hasil temuan diketahui nilai rata-rata self-efficacy orangtua sebelum penyuluhan kesehatan sebesar 72,73 dan nilai tengah self-efficacy orangtua sesudah penyuluhan kesehatan sebesar 77,00. Hasil analisis bivariat melalui pengujian Wilcoxon ditemukan p-value sebesar 0,00 (?<0,05) yang menandakan adanya dampak signifikan antara pra dan pasca penyuluhan kesehatan dengan media audiovisual terhadap self-efficacy orangtua dalam penanganan choking pada anak.
Downloads
References
Karwowski, M., & Kaufman, J. C. (Eds.). (2017). The Creative Self: Effect of Beliefs, Self-efficacy, Mindset, and Identity. Elsevier Academic Press.
Khotimah, S. K., E. Rahmawati, dan D. Susmarini. (2019). Efektivitas Metode Video dan Demonstrasi Terhadap Kangaroo Mother Care Self Efficacy. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia. 5(2):136–145.
La’ade, N. R. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Self-Efficacy Petugas Parkir Umum dalam Memberikan Pertolongan Pertama Kecelakaan Lalu Lintas di Area Pasar Gede Kota Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Kusuma Husada Surakarta).
Maalim, I. A., Jiru, T., & Wubetie Aniley, A. (2021). Assessment of knowledge, attitude and practice on first aid management of choking and associated factors among kindergarten teachers in Addis Ababa governmental schools, Addis Ababa, Ethiopia. A cross-sectional institutionbased study. PLOS ONE, 16(7), e0255331. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0255 331
Mardalena, I. (2017). Asuhan Keperawatan Gawat Darurat. Yogyakarta: PT. Pustaka Buku.
Mukti, B., & Tentama, F. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efikasi Diri Akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (pp. 341-347). Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Notoatmodjo, Soekidjo. (2014). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Nurhayati, Y., Listyaningsih, K. D., Umarianti, T., Prodi, D., Keperawatan, S., Kusuma, S., & Surakarta, H. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Penanganan Tersedak Benda Asing Pada Balita Terhadap Self Efficacy Ibu Di Posyandu Desa Pelem Karangrejo Magetan. Jurnal Ilmiah Maternal,2(1).
Pandegirot, J. S., Posangi, J., & Masi, G. N. M. (2019). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang Penanganan Tersedak Terhadap Pengetahuan Ibu Menyusui. Jurnal Keperawatan, 7(2), 2–7. https://doi.org/10.35790/jkp.v7i2.27473
Putri, A., Halimuddin, & Kamal, A. (2021). Pengetahuan Ibu Tentang Pertolongan Pertama Tersedak Anak. Jurnal Ilmiah Fakultas Keperawatan, V(2), 81–87. http://www.jim.unsyiah.ac.id/FKep/article/view/18485
Rasman, R., Setioputro, B., & Yunanto, R. A. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama Tersedak Pada Balita Dengan Media Audiovisual Terhadap Self Efficacy Ibu Balita. Jurnal Ners Universitas Pahlawan, 6(37), 31–39. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ners/article/view/379
Seifi O.S, Mortada E.M, & Abdo. N. (2019). Effect of Community-based Intervention on Knowledge and Practice of Rural Mothers Toward Children Home Injuries. Community Based Intervention for Home Injuries, 19, 1–12. https://doi.org/10.1016/j.ijans.2023.100593
Setiawati, S., & Santika, P. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Penanganan Kejang DemamTerhadap Self Efficacy Ibu Di Rumah Sakit Dkt Tk Iv 02.07. 04 Kota Bandar Lampung. Malahayati Nursing Journal, 2(3), 458-468.
Siregar, P. A. dan Harahap, R. (2020). Promosi Kesehatan Lanjutan Dalam Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Prenaka Media.
Teguh, S., Rizqie, N. S., & Suparmanto, G. (2021). Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu Dengan Pengetahuan Ibu Tentang Bahaya Tersedak Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Tk Islam Albarokah Surakarta. 63, 1–9.
Zuliyanti, N. I., & Rachmawati, F. (2020). Pengaruh Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Terhadap Praktik Cuci Tangan 6 Langkah Siswa SD N 2 Pangenrejo Purworejo. Jurnal Komunikasi Kesehatan (Edisi 20), 11(01), 1-4.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.