HUBUNGAN KUALITAS PERSAHABATAN DAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 ABIANSEMAL

  • Ni Luh Putu Sulyastini Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Ni Komang Ari Sawitri Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Ni Putu Emy Darma Yanti Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Putu Ayu Sani Utami Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Perundungan pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bali semakin bervariasi dan menjadi perhatian yang cukup serius. Remaja sering kali terdorong untuk menunjukkan perilaku agresif ketika berinteraksi di lingkungan sekolah, dengan tujuan membuktikan mereka layak masuk ke suatu circle tertentu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kualitas persahabatan berkaitan dengan perilaku bullying di antara siswa kelas VIII di SMPN 3 Abiansemal. Jenis pendekatan penelitian yang diterapkan yaitu korelasional desain cross-sectional. Penelitian melibatkan 77 siswa yang dipilih secara acak menggunakan simple random sampling. Data dikumpulkan melalui pengisian dua kuesioner mengenai kualitas persahabatan dan perilaku bullying. Hasil analisis menyatakan bahwa karakteristik responden dominan berjenis kelamin perempuan yakni 53 siswa (68,8%), mayoritas responden berusia 14 tahun yaitu 50 siswa (64,9%), siswa memiliki kualitas persahabatan kategori sedang sebanyak 60 siswa (77,9%) dan perilaku bullying dengan kategori sedang sebanyak 63 siswa (81,8%). Mayoritas siswa melakukan perilaku bullying berupa relational bullying dengan persentase (52%). Hasil uji spearman rank menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara kualitas persahabatan dengan perilaku bullying pada siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Abiansemal (p=0,005). Pentingnya kualitas persahabatan ditingkatkan melalui pengembangan program kegiatan team building, dapat diterapkan sekolah sebagai sarana bagi remaja meningkatkan rasa saling memiliki dalam membina persahabatan yang berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlina. (2022). Tahapan perkembangan remaja mulai dari usia 10-18 tahun. Hello Sehat. Retrieved from https: hellosehat.com/parenting/remaja/tahap-perkembangan-remaja/
Bukowski & Hoza, M. . (1994). Measuring friendship quality during pre- and early adolescence: The development and psychometric properties of the friendship qualities scale. APA PsycNet, 11(3). https://doi.org/10.1177/0265407594113011.
Coloroso. (2007). Stop bullying (memutus rantai kekerasan anak dari prasekolah hingga smu). Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 391(21), 377-380.
Darfian, T. (2023). Kasus bullying kalangan pelajar jadi perhatian kemendikbud. Nusabali.Com. https://www.nusabali.com/berita/142574/kasus-bullying-kalangan-pelajar-jadi-perhatian-kemendikbud.
Dinda Aprilia, P. P. R. (2022). Hubungan peran teman sebaya dengan bullying pada remaja di smp negeri 3 gamping sleman yogyakarta (Skripsi, Universitas Aisyiyah Yogyakarta: Yogyakarta). Tidak dipublikasikan.
Febriyani, Y. A., & Indrawati, E. S. (2016). Konformitas teman sebaya dan perilaku bullying pada siswa kelas xi ips. Jurnal Empati, 5(1), 138–143. https://doi.org/10.14710/empati.2016.15080.
Herlina. (2023). Pengaruh relasi teman sebaya terhadap schadenfreude pada remaja. JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health, 4(2), 144–157. https://doi.org/10.30984/jiva.v4i2.2845.
Hockenberry. (2017). Essentials of pediatric nursing. Elsevier: Academic Press.
Husna, H. (2021). Hubungan antara interaksi teman sebaya dengan perilaku bullying siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Banjarmasin. Jurnal
Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(2), 1. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v7i2.3420.
Kharisma, A. (2015). Hubungan antara persahabatan dengan kepercayaan diri pada remaja (Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang: Malang). Tidak dipublikasikan.
KPAI. (2020). Sejumlah kasus bullying sudah warnai catatan masalah anak di awal 2020, begini kata komisioner KPAI. https://www.kpai.go.id
Nurhidayah, I., Aryanti, K. N., Suhendar, I., Lukman, M., & Keperawatan, F. (2021). Hubungan tekanan teman sebaya dengan perilaku bullying pada anak usia remaja awal. Jurnal Nursing Care & Biomolecular, 4(3), 175–183. 10.24198/JNC.V4J3.31566. https://jurnal.unpad.ac.id.
Permana. (2019). Bullying di sekolah : kurangnya empati pelaku bullying dan lack of bullies empathy and prevention at school. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237–246.
Rahayu, I. (2019). Bullying di Sekolah : Kurangnya empati pelaku bullying dan pencegahan. Yogyakarta: Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237. https://doi.org/10.26714/jkj.7.3.2019.237-246.
Rosmawati, Kurniawan, U. T., & Febriani, Y. (2022). Membangun nilai kepercayaan terhadap teman sebaya di lingkungan pendidikan (studi kasus siswa smp negeri 7 baubau). JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 6(1), 31–40. https://doi.org/10.35326/jec.v6i1.2275.
Siregar, B. G. (2013). Solusi dalam menghadapi permasalahan remaja. Hikmah, 7(1), 100–116.
Sofia, N. S. (2023). Kasus dan semakin tinggi, kenali dampak dan cara pencegahannya. Jurnal Soreang.Com. Retrieved from https://jurnalsoreang.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-1016346150/angka-kasus-bullying-anak-capai-ribuan-kasus-dan-semakin-tinggi-kenali-dampak-dan-cara-pencegahannya.
Suadnyana, I. W. S. (2023). 185 Perempuan-anak di bali alami kekerasan dalam 9 bulan. DetikBali. Retrieved from https://www.detik.com/bali/hukum-dan-kriminal/d-6933828/185-perempuan-anak-di-bali-alami-kekerasan-dalam-9-bulan
Wahyuni, N. P. D. (2019). Hubungan tipe keluarga tradisional dengan perkembangan anak usia 3-6 bulan berbasis agricultural nursing di kecamatan panti kabupaten jember (Skripsi, Fakultas Keperawatan Universitas Jember: Jember). Tidak dipublikasikan.
Published
2025-05-01
How to Cite
SULYASTINI, Ni Luh Putu et al. HUBUNGAN KUALITAS PERSAHABATAN DAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 ABIANSEMAL. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 12, n. 5, p. 581-586, may 2025. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/117420>. Date accessed: 13 july 2025. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2024.v12.i05.p11.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)