HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA
Abstract
Kepercayaan diri adalah sikap yakin pada kemampuan diri sendiri untuk melakukan hal yang ingin dicapainya. Kepercayaan diri sangat penting dimiliki oleh remaja sebagai pelajar untuk mengembangkan prestasi yang dimilikinya. Remaja cenderung memiliki perasaan labil dan lebih emosional, sehingga rentan untuk memiliki kepercayaan diri yang rendah. Intensitas penggunaan media sosial dapat mempengaruhi kepercayaan diri penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan kepercayaan diri pada siswa di SMA Kristen Harapan Denpasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 154 siswa di kelas XII pada jurusan MIPA dan IPS. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah teruji valid dan reliabel untuk mengukur intensitas penggunaan media sosial dan kepercayaan diri melalui google form. Uji analisis yang digunakan adalah uji korelasi Spearman Rank dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil uji analisis menggunakan Spearman Rank menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup erat dengan arah hubungan yang negatif antara intensitas penggunaan media sosial dengan kepercayaan diri (p < 0,001, r = - 0,430). Dapat disimpulkan bahwa intensitas penggunaan media sosial berhubungan dengan kepercayaan diri dimana semakin tinggi intensitas penggunaan media sosial maka semakin rendah kepercayaan diri yang dimiliki oleh remaja, begitu juga sebaliknya. Remaja diharapkan dapat menggunakan media sosial dengan baik dan bijak untuk mencegah terjadinya penurunan kepercayaan diri.
Downloads
References
Amalia, S. (2020). Hubungan antara Body Image dengan Kepercayaan Diri pada Korban Body Shaming. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 156–170.
Annisa, A. S. A. N., Yuliadi, I., & Nugroho, D. (2020). Hubungan Tingkat Kepercayaan Diri dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Whatsapp pada Mahasiswa Kedokteran 2018. WACANA, 12(1), 86–109. https://doi.org/10.13057/wacana.v12i1.170.
Aprilia, R., Sriati, A., & Hendrawati, S. (2020). Tingkat Kecanduan Media Sosial pada Remaja. Journal of Nursing Care, 3(1). http://jurnal.unpad.ac.id/jnc/article/view/26928
Aristantya, E. K., & Helmi, A. F. (2019). Citra Tubuh pada Remaja Pengguna Instagram. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 5(2), 114–128. https://doi.org/10.22146/gamajop.50624
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2022). Profil Internet Indonesia 2022.
Astuti, F. (2019). Perilaku Hate Speech pada Remaja di Media Sosial Instagram Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Azzahra, D. R., Nur Septyanti, R., & Yuliani, W. (2019). Pengaruh Clien-Centered Therapy dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(1), 30-36. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i1.4174
Batubara, J. R. (2016). Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Sari Pediatri, 12(1), 21. https://doi.org/10.14238/sp12.1.2010.21-9
Dianningrum, S. W., & Satwika, Y. W. (2021). Hubungan antara citra tubuh dan kepercayaan diri pada remaja perempuan. Jurnal penelitian psikologi, 8(7), 194-203.
Dewi, R. A. (2018). Hubungan Popularitas di Sosial Media dengan Rasa Percaya Diri pada Management Putri Hijab Provinsi Lampung Angkatan 2017. UIN Raden Intan.
Farida, & Abdillah, R. (2021). Kepercayaan Diri dan Rasa Iri pada Mahasiswa Pengguna Media Sosial Instagram. Jurnal Spirits, 12(1), 1–8. https://doi.org/10.30738/spirits.v12i1.12707
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182
Gantiny, T. P. (2018). Gambaran Self-Estem Siswa yang Mengalami Kecanduan Media Sosial di Sekolah Menengah Pertama. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 1(4), 168. https://doi.org/10.22460/fokus.v1i4.4504.
Gunawan, H., Anggraeni, I., & Nurrachmawati, A. (2021). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial dengan Kesehatan Mental Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19. Preventif : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 12(2), 282. https://doi.org/10.22487/preventif.v12i2.283
Hartawan, Y. (2019). Fenomena Kalangan Pengguna Media Sosial di Kota Bandung (Studi Fenomenologi Kalangan Pengguna Media Sosial Facebook Generasi X di Kota Bandung). Paradigma POLISTAAT Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(1). https://doi.org/10.23969/paradigmapolistaat.v2i1.1662
Hidajahturrokhmah, N., Kemuning, D. R., Rahayu, E. P., Araujo, P. A., Taqwim, R. A., & Rahmawati, S. (2018). Sosialisasi Hiv atau Aids dalam Kehamilan Di Rt 27 Rw 10 Lingkungan Tirtoudan Kelurahan Tosaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Journal Of Community Engagement in Health, 1(1), 14–16. https://doi.org/10.30994/10.30994/vol1iss1pp16.
Indraswari, P. P. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Belajar pada Siswa SMA Rama Sejahtera Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. University of Muhammadiyah Malang.
Irawan, M. A., & Dewi, A. D. A. (2022). Hubungan Berat Badan Berlebih, Pemilihan Makanan dengan Kepercayaan Diri pada Pelajar SMA di Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ilmu Gizi Indonesia (JIGZI), 3(1).
Iswari, N. K. A. S., & Wilani, N. M. A. (2019). Pengaruh citra tubuh terhadap penyesuaian diri pada remaja awaldi SMPN 1 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana.
Juwita, L. (2020). Hubungan Pengaturan Emosi Positif Antara Citra Tubuh Dan Kualitas Hidup Pada Wanita Masa Menopause. JKP (Jurnal Kesehatan Primer), 5(2), 78–88.
Karlina, L. (2020). Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 12.
Khoerunnisa, R., Selian, T. M., & Nurvikarahmi, T. (2021). Peranan Penggunaan Instagram terhadap Kepercayan Diri Remaja. 5.
Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33–42.
Kramer, A. D. I., Guillory, J. E., & Hancock, J. T. (2014). Experimental evidence of massive-scale emotional contagion through social networks. Proceedings of the National Academy of Sciences, 111(24), 8788–8790. https://doi.org/10.1073/pnas.1320040111.
Kusnadi, S. K., Irmayanti, N., Ayumeida Kusnadi, S., Anggoro, H., & Berlian Agustina, K. S. (2021). Pelatihan Public Speaking Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri pada Remaja Komunitas Kappas Surabaya. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 1093–1098. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1303.
Latifah, Zwagery, R. V., Safithry, E. A., & Ngalimun. (2023). Konsep Dasar Pengembangan Kreativitas Anak dan Remaja Serta Pengukurannya dalam Psikologi Perkembangan. EduCurio Journal, 1(2), 426–439. https://qjurnal.my.id/index.php/educurio
Micheal, M., & Azeharie, S. S. (2020). Perlawanan Penyintas Body Shaming Melalui Media Sosial. Koneksi, 4(1), 138. https://doi.org/10.24912/kn.v4i1.6642.
Muna, R. F., & Astuti, T. P. (2014). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecenderungan Kecanduan Media Sosial Pada Remaja Akhir. Jurnal EMPATI, 3(4), 481–491. https://doi.org/10.14710/empati.2014.7610.
Munthe, A. K. (2020). Perkembangan Jiwa Agama pada Masa Remaja (Al-Murahiqah). Ittihad, 4(2), 11.
Neidi, A. W. (2021). Hubungan antara Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa. Acta Psychologia, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.21831/ap.v1i2.43142
Nursannah, E. (2016). Prestasi Belajar Bahasa Indonesia di SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Grobogan. Universitas Negeri Semarang.
Novikasari, I. (2016). Uji Validitas Instrumen. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, 56.
Oktania, L., Lunanta, L. P., Adhandayani, A., & Yusup, A. (2022). Hubungan Kekerasan Verbal Yang Dilakukan Oleh Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Remaja Awal Di Smk Muhammadiyah 9 Jakarta. Jurnal Impresi Indonesia, 1(7), 747-763. https://jii.rivierapublishing.id/index.php/jii
Pane, D. N., Fikri, M. E., & Siregar, N. (2020). Upaya Peningkatan Repurchase Intention melalui Sosial Media dan Word of Mouth terhadap Hotel Parbaba Beach di Daerah Pariwisata Kabupaten Samosir. Jumant, 12(1), 12–20.
Pardamean, E., & Lazuardi, M. J. (2019). Hubungan Jenis Kelamin Dengan Stres Psikologis Pada Siswa-Siswi Kelas Xi Jurusan Ipa Di Sma X Tangerang. Nursing Current, 7(1).
Prakash, S., Yadav, J. S., & Singh, T. B. (2020). An online cross-sectional study to assess the prevalence of Internet Addiction among people staying at their home during Lockdown due to COVID-19. Int J Indian Pspychol, 8(3), 10.
Pratama, B. A., & Sari, D. S. (2020). Dampak Sosial Intensitas Penggunaan Media Sosial terhadap Kesehatan Mental Berupa Sikap Apatis di SMP Kabupaten Sukoharjo. Gaster, 18(1), 65. https://doi.org/10.30787/gaster.v18i1.487.
Priyanti, S., & Syalfina, A. D. (2017). Buku Ajar Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana. Kekata Publisher.
Putro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, 17(1), 25–32. https://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/aplikasia
Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) dan Perkembangannya pada Remaja. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 12(1), 8. https://doi.org/10.30829/alirsyad.v12i1.11935
Ramadhani, T. N., & Putrianti, F. G. (2017). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Citra Diri pada Remaja Akhir. Jurnal Spirits, 4(2), 22. https://doi.org/10.30738/spirits.v4i2.1117.
Ratu, N. W., Ratu, L. M. B. P., & Windhi, T. S. (2020). Penggunaan Media Sosial Sehat untuk Mencegah Gangguan Mental. Ikraith-Abdimas, 3(3), 189–197.
Sabekti, R. (2019). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial (Jejaring Sosial) dengan Kecenderungan Narsisme dan Aktualisasi Diri Remaja Akhir. Universitas Airlangga. https://repository.unair.ac.id/84034/4/FKP.N.%2041-19%20Sab%20h.pdf
Sabil, R., & Karnita, R. (2022). Perancangan Buku Jurnal Interaktif untuk Membantu Mengelola Rasa Insecure pada Remaja. Institut Teknologi Nasional Bandung, 10, 15.
Saragih, N. (2018). Keterampilan Penggunaan Media Sosial Remaja Ibu Kota. Prosiding Seminar Nasional Jambore Nasional Komunikasi II, 441, 451.
Sari, I. M. (2020). Hubungan antara Kebersyukuran dengan Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder pada Remaja Akhir. Universitas Mercu Buana.
Sharma, S., & Sahu, D. (2013). Effect of Social Networking Sites on Self Confidence. International Journal of Information and Computation Technology, 3(10).
Sholiha, S., & Aulia, L. A.-A. (2020). Hubungan Self Concept dan Self Confidence. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 7(1), 41–55. https://doi.org/10.35891/jip.v7i1.1954.
Syahputra, A., & Rifandi, D. (2021). Hubungan Intensitas Media Sosial dan Kepercayaan Diri pada Remaja Awal the Relationship Between Social Media Intensity and Self-Confidence in Early Adolescents. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 7(2).
Taufikurahman, M. (2021). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Keharmonisan Keluarga Perspektif Sdd Al-Dzari’ah (Studi Kasus di Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan). Institut Agama Islam Negeri Madura.
Trisnani, T. (2017). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 6(3). https://doi.org/10.31504/komunika.v6i3.1227.
Ulfah, A. (2020). Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia di masa pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 4(1), 14.
Umami, M. (2021). Hubungan intensitas penggunaan media sosial dan self awareness pada remaja Lombok Timur. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Wulandari, S., & Hakim, S. N. (2017). Hubungan Antara Komunikasi Keluarga Dan Persepsi terhadap Pola Asuh Demokratis Orangtua dengan Kepercayaan Diri pada Remaja. Universitas Muhammadiyah.
Yuliana, A. (2019). Hubungan Ketergantungan Media Sosial Dengan Konsep Diri Mahasiswa di Iain Kendari. Media Sosial Dan Masyarakat Pesisir: Refleksi Pemikiran Mahasiswa Bidikmisi.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.