HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Self regulated learning adalah proses seorang peserta didik dalam mengatur diri, perilaku, perasaan, serta motivasi untuk mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Prestasi akademik adalah perubahan pada kemampuan yang dapat bertambah seiring waktu dikarenakan adanya proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan self regulated learning dengan prestasi akademik mahasiswa keperawatan di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling selama 1 minggu 2 hari dengan jumlah sampel 137 sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh Wolters (2003) dan dimodifikasi oleh Riani (2014) dan Rastafary (2018). Analisis data penelitian menggunakan uji statistik Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan self regulated learning dengan prestasi akademik tiga angkatan pada mahasiswa keperawatan memiliki hubungan yang signifikan, angkatan 2018 (p=0,000), angkatan 2019 (p=0,003) dan angkatan 2020 (p=0,001), arah hubungan pada penelitian ini positif (r=0,534; r=0,440; r=0,454). Penerapan dalam dunia keperawatan yang dapat dilakukan yaitu pemberian edukasi pada mahasiswa untuk menerapkan self regulated learning agar dapat mengatur diri dan meningkatkan motivasi untuk mencapai tujuan belajar. Self regulated learning dapat mempengaruhi prestasi akademik, sehingga penelitian ini membantu mahasiswa mengetahui tingkat self regulated learning yang dimiliki.
Downloads
References
Bodrova, E. & Leong, D. J. (2008). Developing self-regulation in kindergaten. Beyond the Journal. NAECSinState Departement of Education. http://www.Journal.naeyc.org/btj200803/p df/BTJPrimaryInterst.
Fasikhah, S. S., & Fatimah, S. (2013). Self- Regulated Learning (SRL) Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal ilmiah psikologi terapan, 1(1), 145-155. https://doi.org/10.22219/jipt.v1i1.1364.
Hidayat, R., Salmiyati, S., & Isnaeni, Y. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester V Program Studi SI Ilmu Keperawatan Universitas Aisyiyah Yogyakarta. http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/44 08
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020) Pedoman Penyelenggara Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor, 15, 1-20. file:///C:/Users/user/Downloads/1364- Article%20Text-3071-2-10- 20160922%20(3).pdfv
Khairrunnisa, K. N. (2021). Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Islam Iain Palopo (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo). http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/ 4183/1/NUR%20KHAIRRUNNISA%20S KRIPSI.pdf
Meilisa, O. D., Sari, H., & Kasih, L. C. (2021). Hubunganself Regulated Learning dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Keperawatan Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 5(2). file:///C:/Users/user/Downloads/18590- 40205-1-PB.pdf.
Puspita, S. A. L., & Rustika, I. M. (2018). Peran Self-Regulated Learning dan Konsep Diri terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Remaja Akhir Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang Pernah Menjadi Finalis Bali Pageants. Jurnal Psikologi Udayana, 5(1), 1-11. ISSN: 2354 5607. file:///C:/Users/user/Downloads/39265- 1165-79156-1-10-20180429%20(4).pdf
Rastafary, N. L. K. N., & Rustika, I. M. (2019). Peran Self Regulated Learning dan Task Commitment Terhadap Prestasi Akademik Remaja Akhir yang Kuliah dan Bekerja Paruh Waktu di Denpasar dan Badung. Jurnal Psikologi Udayana. 6(1), 171-181. ISSN: 2354 5607. file:///C:/Users/user/Downloads/39265- 1165-79156-1-10-20180429%20(2).pdf
Riana, P. R., & Rustika, I. M. (2016). Hubungan antara Self Regulated Learning dan Kelekatan Remaja Awal terhadap Ibu dengan Prestasi Belajar Siswa SMP N 6 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 3(1), 54-63. ISSN: 2354 5607. file:///C:/Users/user/Downloads/25220-1- 49896-1-10-20161212.pdf
Riyanto, A. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Skripsi FKIP UNPAS.
Rohmatin, Y., & Latipah, E. (2015). Self Regulated Learning Mahasiswa Ditinjau Dari Motif Memilih Jurusan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12 (1), 95-108. https://doi.org/10.14421/jpai.2015.121-07.
Rozaini, N., & Panjaitan, P. E. Y. (2020). Pengaruh Self Regulated Learning dan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Medan. Niagawan, 9(1), 14. https://doi.org/10.24114/niaga.v9i1.17651
Siddaiah, Subramanya, M., Nyandowe, M., & Zubair, O. (2017). Pembelajaran mandiri: mengapa penting dibandingkan dengan pembelajaran tradisional dalam pendidikan kedokteran? Kemajuan dalam pendidikan dan praktik kedokteran, 8, 243. https://doi.org/10.2147%2FAMEP.S13178 0
Sari, E. R., & Satwika, Y. W. (2018). Hubungan Antara Self-Regulated Learning dengan Prestasi Akademik Siswa di SMK Muhammadiyah 1 Taman. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 5(2). file:///C:/Users/user/Downloads/24581- Article%20Text-28876-1-10- 20180724.pdf
Sugiyanto, S. (2009). Kontribusi Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Semarang. Paradigma, 4 (08). https://journal.uny.ac.id/index.php/paradigma/article/view/5932
Sukmawansyah, A. T., Hakim, L., & Hartono, R. (2019). Hubungan Self- Regulate Learning Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Teknologi Sumbawa. Jurnal Psimawa, 1 (1), 22-25. https://doi.org/10.1234/jp.v1i1.218.
Syafei, D. (2017). Pengaruh Prokrastinasi dan Lingkungan terhadap Prestasi Belajar Kelas Viii Putri di MTS Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta. https://dspace.uii.ac.id/123456789/27682
Wolters, CA, Pintrich, P. R., & Karabenick, S. A. (2005). Menilai Pembelajaran Mandiri Akademik. Dalam Apa yang dibutuhkan Anak-Anak untuk Berkembang? (hal. 251-270). Springer, Boston, MA.
Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (1989). Self-Regulated Learning: from Teaching to Self-Reflective Practice. New York: The Guilford Press. https://tinyurl.com/2cb6t6zs.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.