PERAN CITRA MEREK DALAM MEMEDIASI PENGARUH PEMASARAN HIJAU TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN
Abstract
Perusahaan yang memproduksi produknya dengan isu environmentally friendly memiliki citra merek yang lebih baik karena perusahaan dianggap peduli pada kelestarian lingkungan hidup. Perusahaan perlahan mulai mengaplikasikan kegiatan pemasaran hijau dalam berbagai kegiatan mereka s ebagai bagian dari kesadaran sosial dan mereka dituntut untuk mencapai konsumen dengan pesan-pesan pemasaran hijau dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan. Salah satu perusahaan global yang menerapkan pemasaran hijau adalah The Body Shop. Tujuan penelitian ini untuk menguji peran mediasi citra merek pada pengaruh pemasaran hijau terhadap loyalitas pelanggan The Body Shop. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat kota Denpasar yang pernah berbelanja di The Body Shop. Dalam penelitian ini teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan ukuran sampel sebanyak 120 responden. Teknik analisis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur dan uji sobel. Hasil analisis pada penilitian ini menunjukan bahwa pemasaran hijau berpengaruh terhadap citra merek, pemasaran hijau berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, citra merek berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, dan citra merek memediasi pengaruh pemasaran hijau terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini diharapkan memberikan dukungan empiris dan dapat dinyatakan memperkuat hasil-hasil studi terdahulu.