EVALUASI PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL KESEHATAN DI PUSKEMAS III DENPASAR SELATAN DAN JARINGANNYA DI DENPASAR, BALI

  • Andrew Paul
  • Pande Putu Januraga

Abstract

ABSTRAK
Pemerintah telah membantu Puskesmas dan jaringannya di setiap daerah melalui dana Bantuan Operasional Kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji manfaat dana BOK yang diterima oleh Puskesmas dan yang dirasakan oleh masyarakat. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif melalui wawancara mendalam terhadap Kepala Puskesmas, Kepala Tata Usaha, Bendahara BOK, Penanggungjawab Promotif Preventif, Penanggungjawab KIA/KB dan Imunisasi, serta wawancara mendalam terhadap beberapa pengguna yang biasa menggunakan jasa Puskesmas. Manfaat dana BOK untuk Puskesmas ditinjau dari segi manajemen untuk mendukung kegiatan promotif preventif serta dapat memperluas cakupan program. Berikutnya terpenuhinya sumber biaya untuk kegiatan yang mencakup SPM sehingga dapat terlaksana sesuai jadwal. Kemudian kegiatan Kesehatan Ibu dan Anak serta Imunisasi dapat berjalan dengan baik. Sedangkan manfaat dari segi operasional adalah dapat menjangkau lapisan masyarakat seluas-luasnya melalui kegiatan di luar Puskesmas. Manfaat dana BOK untuk masyarakat dalam hal kualitas layanan adalah adanya peningkatan dalam pelayanan. Sedangkan manfaat dalam hal kemudahan akses adalah dalam hal antrian loket tidak lagi terlalu lama. Privatisasi juga menjadi jauh lebih baik karena sudah tersedia lebih banyak ruangan-ruangan pemeriksaan. Untuk ke depannya diharapkan agar juknis operasional dana BOK dapat diperbaharui. Untuk seluruh staf Puskesmas agar pelayanan yang sudah baik tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan.
Kata Kunci: BOK, Promotif dan Preventif, Manfaat

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-16
How to Cite
PAUL, Andrew; JANURAGA, Pande Putu. EVALUASI PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL KESEHATAN DI PUSKEMAS III DENPASAR SELATAN DAN JARINGANNYA DI DENPASAR, BALI. ARCHIVE OF COMMUNITY HEALTH, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 425 - 436, jan. 2022. ISSN 2527-3620. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/ach/article/view/82493>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/ACH.2021.v08.i03.p04.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)