PERSEPSI PASIEN DI RSUD WANGAYA KOTA DENPASAR BERBASIS APLIKASI PENDAFTARAN ONLINE (APDOL)
Abstrak
Aplikasi Pendaftaran Online (APDOL) sebagai salah satu cara alternatif RSUD Wangaya Kota Denpasar dalam mengatasi permasalahan penanganan antrian pasien. Yang mulai diterapkan di RSUD Wangaya Kota Denpasar tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi pasien dalam pemanfaatan penggunaan APDOL di RSUD Wangaya Kota Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan pada bulan Februari-Juni 2022. Informan pada penelitian ini terdiri dari 20 orang pasien pengunjung di RSUD Wangaya. Data dikumpulkan dengan wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan pasien yang memanfaatkan APDOL memberikan respons yang baik terhadap keberadaan APDOL dalam menangani masalah antrian di RSUD Wangaya. Faktor penghambat dari penggunaan APDOL yaitu masih kurangnya sosialisasi oleh pihak rumah sakit. Sedangkan faktor pendukung adanya APDOL yaitu kemudahan dalam penggunaan APDOL, meningkatkan efektifitas, serta waktu penggunaan yang fleksibel. Disarankan RSUD Wangaya melakukan sosialisasi secara berkelanjutan untuk memperkenalkan APDOL kepada pasien.
Kata Kunci : Aplikasi Pendaftaran Online (APDOL), Pemanfaatan Penggunaan Aplikasi, Persepsi, Technology Acceptance Model (TAM).