PERAN EFIKASI DIRI KREATIF MEMEDIASI PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KREATIVITAS KARYAWAN PADA CV. AMERTHAM

  • I Kadek Dwi Payana Universitas Udayana
  • Ida Bagus Ketut Surya Universitas Udayana

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui peran efikasi diri kreatif dalam memediasi kepemimpinan transformasional terhadap kreativitas karyawan. Penelitian ini dilakukan pada karyawan CV. Amertham dengan jumlah sampel sebanyak 49 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Pengumpulan data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner secara langsung kepada karyawan CV. Amertham. Analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur atau path analysis. Hasil peneltian yang menunujukkan bahwa efikasi diri kreatif berpengaruh positif dalam memediasi pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kreativitas karyawan. Upaya meningkatkan kreativitas karyawan, perusahaan khususnya pemimpin atau direktur utama perusahaan hendaknya mampu lebih baik lagi menerapkan gaya kepemimpinan transformasional agar efikasi diri kreatif dari karyawan mampu berkembang dan karyawan percaya terhadap kreativitas yang dimilikinya. Pemimpin atau direktur utama dalam perusahaan hendaknya mampu lebih baik lagi dalam menerapkan gaya kepemimpinan transformasional, hal ini agar efikasi diri kreatif dari karyawan dapat berkembang dan karyawan yakin dengan kreativitas yang dimilikinya. Cara tersebut dapat meningkatkan kreativitas karyawan pada saat bekerja didalam perusahaan.


Kata Kunci: efikasi diri kreatif, kepemimpinan transformasinal, kreativitas karyawan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-03
How to Cite
PAYANA, I Kadek Dwi; SURYA, Ida Bagus Ketut. PERAN EFIKASI DIRI KREATIF MEMEDIASI PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KREATIVITAS KARYAWAN PADA CV. AMERTHAM. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 9, p. 3361 - 3382, sep. 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/61922>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i09.p03.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>