KOMPENSASI, MOTIVASI KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA BERPENGARUH TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN PADA RAME CAFÉ JIMBARAN SEAFOOD

  • I Putu Satya Swadarma Universitas Udayana
  • I Gusti Salit Ketut Netra Universitas Udayana

Abstract

Mendapatkan loyalitas dari seseorang bukanlah sesuatu pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Berbanding terbalik dengan kesulitan mendapatkannya, menghilangkan loyalitas seseorang justru menjadi hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi, motivasi kerja, dan lingkungan kerja terhadap loyalitas karyawan. Penelitian dilakukan di Rame Cafe Jimbaran Seafood. Sampel sebanyak 40 orang karyawan, dengan metode sampel jenuh. Pengumpulan data melalui kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Kompensasi, motivasi kerja, dan lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap loyalitas karyawan. Manajemen sebaiknya lebih memperhatikan kompensasi yang sesuai dengan kinerja karyawan,  motivasi yang tinggi, kenyamanan lingkungan kerja, dan menjalin hubungan yang baik dengan karyawan dengan tujuan meningkatkan rasa loyalitas karyawan yang akan memberikan dampak positif terhadap perusahaan.


Kata kunci  : Kompensasi, Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, dan Loyalitas Karyawan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-03
How to Cite
SWADARMA, I Putu Satya; NETRA, I Gusti Salit Ketut. KOMPENSASI, MOTIVASI KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA BERPENGARUH TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN PADA RAME CAFÉ JIMBARAN SEAFOOD. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 5, p. 1738 - 1757, may 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/56591>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i05.p05.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)