PERAN POSITIVE EMOTION DALAM MEMEDIASI PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP IMPULSE BUYING

  • Ni Putu Triana Mahadewi Universitas Udayana
  • Eka Sulistyawati Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh product knowledge terhadap positive emotion, untuk menjelaskan pengaruh product knowledge dan positive emotion  terhadap impulse buying, serta untuk menjelaskan peran positive emotion dalam memediasi product knowledge terhadap impulse buying. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk fashion di Bali. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, yakni sampel ditentukan dengan pertimbangan yaitu responden berkewarganegaan Indonesia yang berdomisili di Kota Denpasar dan Badung yang sudah pernah berbelanja produk Zara. Jumlah  sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 130 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa product knowledge berpengaruh positif dan signfikan terhadap positive emotion, product knowledge dan positive emotion berpengaruh positif dan signfikan terhadap impulse buying, serta positive emotion secara positif dan signifikan memediasi pengaruh product knowledge terhadap impulse buying konsumen pada produk Zara.


Kata Kunci: product knowledge, positive emotion, impulse buying

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-03
How to Cite
MAHADEWI, Ni Putu Triana; SULISTYAWATI, Eka. PERAN POSITIVE EMOTION DALAM MEMEDIASI PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP IMPULSE BUYING. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 9, p. 5652 - 5671, sep. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/46892>. Date accessed: 22 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i09.p15.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>