PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. PENGEMBANGAN PARIWISATA INDONESIA PERSERO

  • I Wayan Suparta Universitas Udayana
  • I Komang Ardana Universitas Udayana

Abstract

Kepuasan kerja dapat terpenuhi apabila terdapat budaya organisasi yang baik dan komitmen yang tinggi dari karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan ITDC. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan di ITDC. Proses pemilihan sampel menggunakan metode total sampling dengan kriteria yaitu karyawan tetap yang telah bekerja minimal selama 2 tahun di ITDC, agar responden telah mempunyai pengalaman bekerja di PT ITDC sehingga telah memiliki pengalaman dan mampu merasakan budaya organisasi di PT ITDC. Berdasarkan kriteria tersebut, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 117 orang karyawan tetap ITDC. Hasil analisis menunjukkan bahwa budaya organisasi dan komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan ITDC. Hal ini berarti bahwa semakin baik budaya organisasi yang ada pada ITDC, dan semakin tinggi komitmen yang dimiliki oleh karyawan ITDC, maka kepuasan kerja karyawan pada PT ITDC akan semakin meningkat.


Kata Kunci:    budaya organisasi, komitmen organisasi, kepuasan kerja

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-03
How to Cite
SUPARTA, I Wayan; ARDANA, I Komang. PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. PENGEMBANGAN PARIWISATA INDONESIA PERSERO. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 6, p. 3446 - 3472, june 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/45788>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i06.p06.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>