PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP NIAT BELI SMARTPHONE OPPO

  • Nyoman Tri Putri Utami Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ni Ketut Seminari Universitas Udayana

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi smartphone di Indonesia menyebabkan semakin tingginya persaingan antar perusahaan. Smartphone Oppo saat ini telah menduduki pangsa pasar di Indonesia dan sedang gencar-gencar melakukan promosi menggunakan celebrity endorser. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat beli menggunakan smartphone Oppo dengan menggunakan variabel kredibilitas celebrity endorser dan varibel mediasi yakni citra merek. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan menggunakan ukuran sampel sebesar 115 orang dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu path analysis serta uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek dan kredibilitas celebrity endorser secara signifikan berpengaruh positif terhadap niat beli untuk menggunakan smartphone Oppo. Citra merek secara signifikansi mampu memediasi hubungan antara kredibilitas celebrity endorser terhadap niat beli smartphone Oppo. Saran yang dapat dijadikan acuan bagi perusahaan dan pemasarĀ  ialah diharapkan untuk memperhatikan kualitas dari kredibilitas celebrity endorser dengan pemilihan celebrity yang baik akan membuat citra produk yang semakin dikenal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-06-03
How to Cite
UTAMI, Nyoman Tri Putri; SEMINARI, Ni Ketut. PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP NIAT BELI SMARTPHONE OPPO. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 6, p. 3144 - 3171, june 2018. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/38014>. Date accessed: 24 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i06.p11.
Section
Articles