PENGARUH SUPLEMENTASI MINERAL-VITAMIN KOMPLEKS TERHADAP KONSUMSI NUTRIEN DAN PERTAMBAHAN BOBOT BADAN KAMBING GEMBRONG DALAM RANSUM BERBASIS HIJAUAN LOKAL

  • Anggoro A.C.K Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
  • Bidura IG.N.G Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
  • Partama I.B.G Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian suplementasi mineral-vitamin kompleks terhadap konsumsi nutrien dan pertambahan bobot badan kambing gembrong dalam ransum berbasis hijauan lokal. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan dua perlakuan dan lima ulangan. Perlakuan R0 adalah kambing gembrong yang mendapat ransum tanpa suplementasi mineral-vitamin kompleks. Perlakuan R1 adalah kambing gembrong yang mendapatkan ransum dengan suplementasi mineral-vitamin kompleks. Peubah yang diamati adalah konsumsi nutrien, pertambahan bobot badan dan feed convertion ratio (FCR). Data yang diperoleh dianalisis dengan uji T tidak berpasangan (independent T-test) pada probabilitas 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa suplementasi mineral-vitamin kompleks dalam ransum berbasis hijauan lokal dapat meningkatkan pertambahan bobot badan kambing gembrong sebesar 48,81 gr/ekor/hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anggoro A.C.K, Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
Bidura IG.N.G, Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
Partama I.B.G, Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
Published
2015-12-30
How to Cite
A.C.K, Anggoro; IG.N.G, Bidura; I.B.G, Partama. PENGARUH SUPLEMENTASI MINERAL-VITAMIN KOMPLEKS TERHADAP KONSUMSI NUTRIEN DAN PERTAMBAHAN BOBOT BADAN KAMBING GEMBRONG DALAM RANSUM BERBASIS HIJAUAN LOKAL. Jurnal Peternakan Tropika, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 634-644, dec. 2015. ISSN 2722-7286. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/tropika/article/view/18626>. Date accessed: 04 may 2024.
Section
Articles

Keywords

mineral-vitamin kompleks; kambing gembrong; konsumsi nutrien; bobot badan