Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

                                                                                                                            PANDUAN BAGI PENULIS

 Ketentuan Umum

  1. Naskah yang dikirim merupakan naskah asli/orisinil dan belum pernah diterbitkan

(Naskah dari mahasiswa untuk penyelesaian tugas akhir dalam level S1 minimal berasal dari naskah seminar tugas akhir (Seminar hasil penelitian/Pra-Skripsi) yang telah disahkan/Acc oleh tim penguji dan pembimbing, sedangkan untuk penulis lain naskah disesuaikan dengan aturan ilmiah yang berlaku umum)

  1. Lingkup ejurnal ini memuat hal-hal yang menyangkut dunia peternakan dalam bentuk hasil penelitian, kegiatan ilmiah, kajian pustaka dan/atau gagasan dengan topik aktual.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris sesuai dengan format yang ditentukan
  3. Penulis mengirim 2 (dua) eksemplar naskah ke redaksi yang dilengkapi dengan softcopy (berupa CD) atau naskah dapat pula dikirim via email dalam bentuk program Microsoft Word.
  4. Naskah dan Softcopy (CD) dikirim kepada:

Redaksi eJournal Peternakan Tropika

d.a Fakultas Peternakan Universitas Udayana

Gedung Agrokompleks Lantai 1 Kampus UNUD Denpasar

Jl. P. B. Sudirman Denpasar, Bali

Telp. 0361-222096 / HP. 087784792574

Email: peternakantropika@yahoo.com

 Standar Penulisan

  1. Naskah diketik menggunakan program Microsoft Word dengan jarak 5 spasi kecuali Judul, Abstrak, Judul Tabel, Judul Gambar, dan lampiran yang diketik 1 spasi. Naskah dicetak pada kertas ukuran A4, dengan huruf Time New Roman berukuran 12 point (kecuali Judul berukuran font 14); margin atas dan margin kiri berukuran 3 cm, sedangkan margin kanan dan margin bawah berukuran 2 cm.
  2. Judul dari Makalah, Abstrak, Abstract, bab (Pendahuluan, Materi dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Simpulan dan Saran, Ucapan Terima Kasih), dan Daftar Pustaka ditulis dengan Huruf Kapital. 12 point (Bold) (kecuali Judul memakai font 14 point). Font Time New Roman.
  3. Nama Penulis, Sub Bab, Institusi, Judul Tabel/Gambar/Ilustrasi lainnya. ditulis dengan diawali dengan Huruf Kapital. 12 point. Time New Roman. Institusi penulisan tidak di Bold, sedangkan Nama Penulis, Sub Bab, Judul Tabel/Gambar/Ilustrasi lainnya, penulisan di Bold
  4. Naskah ditulis maksimum 20 halaman dan setiap halaman tidak perlu diberi nomor (Nomor akan diisi oleh tim penyusun, disesuaikan dengan urutan publikasi naskah).
  5. Naskah hasil penelitian disusun dengan urutan judul, nama penulis dan nama instansi, alamat korerspondensi (email dan No. Telpon/HP), abstrak (dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia), pendahuluan, metode (sosial ekonomi) atau materi dan metode (eksakta), hasil dan pembahasan, simpulan (+ saran), ucapan terima kasih, dan daftar pustaka.

Sedangkan naskah kajian pustaka/gagasan aktual disusun dengan urutan judul, nama penulis dan nama instansi/institusi, alamat korespondensi (email dan No. Telpon/HP), abstrak (dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia), pendahuluan, masalah dan pembahasan, ucapan terima kasih, dan daftar pustaka.

 TATA CARA PENULISAN NASKAH

  1. JUDUL, harus singkat, spesifik dan informatif yang menggambarkan isi naskah, maksimal 20 kata. Untuk kajian pustaka, dibelakang judul agar ditulis: Suatu kajian Pustaka. Untuk gagasan Aktual, dibelakang judul agar ditulis: Suatu Gagasan Aktual. Judul ditulis dengan hurup kapital. Time New Roman berukuran 14 point (Bold), jarak 1 (satu) spasi dan terletak ditengah-tengah tanpa titik.
  2. Nama Penulis, ditulis nama lengkap tanpa gelar akademis. Artikel yang ditulis oleh Mahasiswa melibatkan juga pembimbing dan/atau orang yang terlibat dengan penelitian/artikel yang ditulis. Sedangkan penulis dari kalangan umum, penulis mencerminkan pemilik dari artikel/penelitian/gagasan yang akan dimuat. Penulisan nama penulis pertama artikel dimulai dari nama utama yang akan dimuat, diikuti dengan pendukung (nama urutan kelahiran/marga/dll) sedangkan penulisan nama penulis ke-2 dan selanjutnya disusun sesuai dengan urutan nama bersangkutan. Nama utama ditulis utuh, sedangkan nama pendukung disingkat dengan satu huruf/singkatan umum yang berlaku.
  3. Nama Lembaga/Instansi/Institusi, nama lembaga/institusi ditulis secara lengkap disertai alamat.
  4. Alamat Korespondensi (No. Telpon dan email), Telp dan alamat email yang ditulis adalah yang aktif untuk memudahkan komunikasi terkait artikel yang akan dipublikasikan
  5. ABSTRAK, ditulis dalam Bahasa Indonesia (ABSTRAK) dan Bahasa Inggris (ABSTRACT). Abstrak ditulis dalam 1 paragraf yang berisikan tujuan penelitian, metode, hasil dan simpulan. Abstrak tidak lebih dari 250 kata. diketik satu spasi
  6. Kata Kunci (key Word), diketik miring, maksimal 5 kata yang merupakan kata-kata utama dari artikel, 1 (dua) spasi setelah abstrak + 12 pt setelah abstrak.
  7. PENDAHULUAN. Berisi latar belakang permasalahan, fakta/data dari pustaka mendukung, solusi/alternative solusi serta tujuan penulisan. Dalam mengutip pendapat orang dipakai sistem nama dan tahun. Contoh: Udayana (2005); Quan et al. (2002)
  8. MATERI DAN METODE. ditulis lengkap dan terperinci terutama desain penelitian. Metode penelitian mengikuti acuan yang berlaku dengan mencantumkan sumbernya.
  9. HASIL DAN PEMBAHASAN. Menyajikan uraian hasil penelitian dan pembahasan hasil secara jelas dan komprehensif . Penulisan hasil dan pembahasan disatukan (bukan terpisah hasil saja / pembahasan saja)

       Ilustrasi (Tabel, Grafik, Histogram, Sketsa, Gambar)

  1. Judul Tabel, grafik, histogram, sketsa, dan/atau gambar diberi nomor urut, judul singkat tetapi jelas beserta satuan-satuan yang dipakai. Judul ditulis menggunakan huruf Times New Roman berukuran 12 point (Bold), awal kata menggunakan hurup kapital (kecuali kata penghubung), dengan jarak 1 (satu) spasi
  2. Isi Tabel/Ilustrasi lain ditulis dengan Font Time New Roman 11 - 12 point (disesuaikan dengan ukuran/isi table). Isi item Tabel/Ilustrasi lain yang disingkat/istilah khusus dapat diisi notasi baik berupa huruf/angka yang selanjutnya wajib diberi keterangan terkait notasi tersebut
  3. c. Keterangan Tabel/Ilustrasi ditulis dari disebelah kiri bawah menjulur ke kanan (bisa dipisah setiap notasi atau menjalur terus untuk kesemua notasi), menggunakan huruf Times New Roman berukuran 11 point, dengan jarak 1 (satu) spasi + 6 pt setelah Ilustrasi. Penulisan tanda atau notasi untuk data yang dianalisis dengaan analisis statistik menggunakan superskrip berbeda pada baris/kolom yang sama yang menunjukkan perbedaan nyata (P<0,05) atau berbeda sangat nyata (P<0,01)
  4. Penulisan angka desimal dalam tabel untuk bahasa Indonesia dipisahkan dengan tanda koma ( , ), untuk bahasa Inggris digunakan titik ( . ).
  5. Grafik, gambar dan Foto: Grafik dibuat dalam program excel, Gambar baik berupa gambar biasa/foto harus tajam dengan resolusi tinggi
  6. Satuan pengukuran menggunakan sistem internasional (SI)
  7. Nama Latin, Yunani/Daerah dicetak miring. Istilah asing/khusus diberi tanda petik
  8. SIMPULAN DAN SARAN (bila diperlukan). ditulis secara singkat dan jelas
  9. UCAPAN TERIMA KASIH. disampaikan kepada berbagai pihak yang membantu sehingga penelitian/artikel dapat dihasilkan, misalnya pemberi gagasan, pemilik proyek/penyandang dana (pembimbing tugas akhir tidak perlu diberi ucapan terima kasih, pembimbing tugas akhir langsung diisi sebagai penulis) dll
  10. DAFTAR PUSTAKA. Memuat nama pengarang yang dirujuk dalam naskah, disusun menurut abjad pengarang dan tahun penerbitan. Untuk buku dicantumkan semua nama penulis, tahun, judul buku, penerbit dan tempat. Untuk jurnal dicantumkan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume, nomor publikasi dan halaman. Artikel dalam buku dcicantumkan nama penulis, tahun, judul tulisan, editor, judul buku, penerbit dan tempat. Artikel internet dicantumkan nama penulis, tahun dibuat, judul tulisan, alamat web, waktu akses.