STRATEGI PEMASARAN “URUTAN” SEBAGAI OLEH-OLEH KHAS BALI (STUDI KASUS PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA “URUTAN” DI KABUPATEN BADUNG BALI)
Abstract
fPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran “urutan”, menentukan posisi industri rumah tangga “urutan” di dalam industri oleh-oleh khas Bali, dan merekomendasikan strategi pemasaran yang tepat bagi industri rumah tangga “urutan” di Kabupaten Badung. Penelitian ini dilakukan pada empat desa di Kabupaten Badung yang ditentukan secara purposive. Jumlah responden sebanyak 59 orang yang terdiri atas empat orang produsen, 50 orang konsumen, dan lima orang ahli. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan bantuan kuisioner. Analisis yang digunakan adalah 1) analisis internal dan eksternal perusahaan untuk menentukan faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan dengan menggunakan matriks IFE dan matriks EFE. Posisi perusahaan didalam industri ditentukan dengan menggunakan matriks IE, 2) analisis SWOT digunakan untuk menyusun alternatif strategi pemasaran “urutan” dan 3) analisis QSPM digunakan untuk menentukan prioritas strategi pemasaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa usaha “urutan” berada pada sel III (Pertahankan dan Pelihara) dalam matriks IE dengan nilai IFE 1,62 dan EFE 3,11 dengan strategi utama yaitu penetrasi pasar dan pengembangan produk. Terdapat sembilan alternatif strategi pemasaran “urutan” yaitu: menjadikan “urutan” sebagai oleh-oleh khas Bali, mengadakan kerjasama dengan toko oleh-oleh khas Bali dan travel, meningkatkan kualitas produk yang diproduksi, mengemas produk dengan baik dan menarik, menerapkan program penyuluhan bagi para produsen, membuat brosur dan iklan tentang keunggulan produk, menambah varian daging yang digunakan, membuat klasifikasi produk dengan tingkat lemak tertentu, dan meningkatkan jiwa wirausaha pengusaha. Strategi yang menjadi prioritas utama adalah meningkatkan kualitas produk dengan cara meningkatkan pengembangan produk serta penerapan teknologi tepat guna.Downloads
Download data is not yet available.
Published
2015-12-30
How to Cite
S., N. M. M., WULAN; PUTRI, B. R. T.; SUKANATA, I W..
STRATEGI PEMASARAN “URUTAN” SEBAGAI OLEH-OLEH KHAS BALI (STUDI KASUS PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA “URUTAN” DI KABUPATEN BADUNG BALI).
Jurnal Peternakan Tropika, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 621-633, dec. 2015.
ISSN 2722-7286.
Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/tropika/article/view/18625>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Issue
Section
Articles
Keywords
Urutan, Oleh-Oleh Khas Bali, Strategi Pemasaran, Industri Rumah Tangga