PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN KELOR (Moringa oleifera) DAN BAWANG PUTIH (Allium sativum) MELALUI AIR MINUM TERHADAP PENAMPILAN BROILER UMUR 2-6 MINGGU

  • Trisna dewi K Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
  • Bidura IG.N.G Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
  • Candrawati D.P.M.A Fakultas Peternakan, Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun kelor (Moringa oleifera) dan daun bawang putih (Allium sativum) melalui air minum terhadap penampilan broiler umur 2-6 minggu. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan tiga perlakuan dan enam kali ulangan.Ketiga perlakuan tersebutadalah ayam yang diberi air minum tanpa penggunaan ekstrak air daun kelor atau ekstrak air daun bawang putih sebagai kontrol (A), ayam yang diberi air minum ekstrak daun kelor (B), dan ayam yang diberi air minum ekstrak daun bawang putih (C), pemberian pakan dan air minum diberikan secara ad libitum. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah konsumsi ransum, konsumsi air minum, berat badan akhir, pertambahan berat badan, dan FCR (Feed Convertion Ratio). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian sebanyak 5% ekstrak daun kelor (Moringa oleifera) dan ekstrak bawang putih (Allium sativum) melalui air minum dapat meningkatkan konsumsi ransum, konsumsi air minum, berat badan akhir, pertambahan berat badan, dan menghasikan nilai FCR yang efisien pada ayam broiler umur 2-6 minggu.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Trisna dewi K, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
Bidura IG.N.G, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
Candrawati D.P.M.A, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
Published
2014-12-30
How to Cite
K, Trisna dewi; IG.N.G, Bidura; D.P.M.A, Candrawati. PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN KELOR (Moringa oleifera) DAN BAWANG PUTIH (Allium sativum) MELALUI AIR MINUM TERHADAP PENAMPILAN BROILER UMUR 2-6 MINGGU. Jurnal Peternakan Tropika, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 461-475, dec. 2014. ISSN 2722-7286. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/tropika/article/view/18497>. Date accessed: 29 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Daun kelor (Moringa oleifera); daun bawang putih (Allium sativum); penampilan; broiler