TINGKAT CEMARAN MIKROBA PADA DAGING BABI LANDRACE PERSILANGAN YANG DIBERI PENAMBAHAN SEKAM PADI PADA RANSUM MENGANDUNG LIMBAH HOTEL KERING

  • Elisabeth P.W Fakultas Peternakan. Universitas Udayana, Jln. P.B. Sudirman, Denpasar, Bali
  • Ariana IN.T Fakultas Peternakan. Universitas Udayana, Jln. P.B. Sudirman, Denpasar, Bali
  • Lindawati S.A Fakultas Peternakan. Universitas Udayana, Jln. P.B. Sudirman, Denpasar, Bali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Cemaran Mikroba daging babi landrace persilangan yang diberi penambahan sekam padi pada ransum mengandung limbah hotel kering, sehingga kualitas daging dapat diketahui masih layak atau tidaknya daging untuk dikonsumsi. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan (23 Oktober – 23 Desember 2012). Dengan menggunakan babi persilangan Landrace x Yorkshire berjenis kelamin jantan yang sudah dikastrasi sebanyak 24 ekor dengan umur 2 bulan dan berat badan 26,15±0,73 kg. Desain percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 pelakuan dan 6 ulangan. Perlakuan yang dicobakan yaitu ransum tanpa sekam padi (R0), ransum mengandung 10% sekam padi (R1), ransum mengandung 20% sekam padi (R2) dan ransum mengandung 30% sekam padi (R3). Peubah yang diamati yaitu tingkat cemaran mikroba Total Plate Count (TPC), Coliform, dan Esherichia Coli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian sekam padi dalam ransum mengandung limbah hotel masih dalam batas keamanan pangan (layak dikonsumsi), dengan kisaran Total Mikroba/TPC sebesar 2,14 – 3,50 x 104 cfu/ g ; Total Coliform sebesar 0,93 – 2,00 x 101 cfu/g ; dan Total E.coli sebesar 0,43 - 0,83 x 101 cfu/g.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Elisabeth P.W, Fakultas Peternakan. Universitas Udayana, Jln. P.B. Sudirman, Denpasar, Bali

Fakultas Peternakan. Universitas Udayana, Jln. P.B. Sudirman, Denpasar, Bali

Ariana IN.T, Fakultas Peternakan. Universitas Udayana, Jln. P.B. Sudirman, Denpasar, Bali

Fakultas Peternakan. Universitas Udayana, Jln. P.B. Sudirman, Denpasar, Bali

Lindawati S.A, Fakultas Peternakan. Universitas Udayana, Jln. P.B. Sudirman, Denpasar, Bali

Fakultas Peternakan. Universitas Udayana, Jln. P.B. Sudirman, Denpasar, Bali

Published
2014-12-30
How to Cite
P.W, Elisabeth; IN.T, Ariana; S.A, Lindawati. TINGKAT CEMARAN MIKROBA PADA DAGING BABI LANDRACE PERSILANGAN YANG DIBERI PENAMBAHAN SEKAM PADI PADA RANSUM MENGANDUNG LIMBAH HOTEL KERING. Jurnal Peternakan Tropika, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 322-337, dec. 2014. ISSN 2722-7286. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/tropika/article/view/18471>. Date accessed: 29 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Babi landrace, Sekam Padi, Limbah Hotel, Cemaran Mikroba