DESAIN JARINGAN HOTSPOT FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS UDAYANA BUKIT JIMBARAN MENGGUNAKAN STANDARD IEEE 802.11N OUTDOOR DENGAN KUALITAS VOIP

Main Article Content

Komang Diyana Putra Pande Ketut Sudiarta Nyoman Pramaita

Abstract

Fakultas Teknik Universitas Udayana memiliki area outdoor yang cukup luas, maka dari pada itu dibutuhkan penelitian dalam melakukan desain jaringan untuk area outdoor pada kawasan Fakultas Teknik Universitas Udayana Bukit Jimbaran. Pada paper ini menganalisis jangkauan WLAN kondisi outdoor dengan kualitas VoIP. Aplikasi yang digunakan adalah G-NET Wi-fi, Terminal Emulator dan menggunakan software Atoll. Dalam melakukan penelitian, diawali dengan melakukan pengukuran level sinyal dari AP dengan rentang jarak 3 meter dari AP dilanjutkan ke jarak 6 meter dan seterusnya sampai titik dimana tidak dapat melakukan komunikasi antara AP dengan Reciever. Berdasarkan hasil analisis kondisi jangkauan area Voip yang dilakukan di wilayah Fakultas Teknik Univrsitas Udayana, mendapatkan kondisi dimana level sinyal pada masing- masing jarak mendapatkan hasil yang berbeda dengan hasil ukur. Dengan mengacu pada penelitian yang telah dilakukan, diperlukan penambahan AP di kawasan Fakultas Teknik Universitas Udayana Bukit Jimbaran, diperlukan 34 AP pada kawasan Fakultas Teknik Utama dan 13 AP untuk kawasan fakultas teknik sipil.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
DIYANA PUTRA, Komang; SUDIARTA, Pande Ketut; PRAMAITA, Nyoman. DESAIN JARINGAN HOTSPOT FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS UDAYANA BUKIT JIMBARAN MENGGUNAKAN STANDARD IEEE 802.11N OUTDOOR DENGAN KUALITAS VOIP. Jurnal SPEKTRUM, [S.l.], v. 6, n. 4, p. 71-77, dec. 2019. ISSN 2684-9186. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/spektrum/article/view/55331>. Date accessed: 29 june 2022.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>