RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN JALAN UNTUK POTENSI DAERAH DI KABUPATEN TABANAN DENGAN MENGUNAKAN GOOGLE MAPS API

Main Article Content

Gede Putu Nuratjaya I Made Arsa Suyadnya Putu Arya Mertasana

Abstract

Kabupaten Tabanan memiliki potensi daerah di bidang pertanian, pariwisata danperkebunan yang tersebar di wilayahnya, namun tidak semua orang mampu memperolehinformasi tentang potensi-potensi tersebut. Maka dari itu dibuatlah suatu aplikasi sisteminformasi geografis yang membantu untuk mengolah dan menampilkan informasi potensidaerah Kabupaten Tabanan. Sistem informasi geografis ini dibangun berbasis web denganmenggunakan Ruby on Rails sebagai framework bahasa pemrogamannya dan memanfaatkanfitur dari Google Maps API Drawing on Maps, yaitu overlay polyline untuk menggambar jalanpada peta serta marker untuk menentukan titik-titik potensi pada peta terutama padaKabupaten Tabanan. Aplikasi ini mampu menampilkan detail informasi polyline jalan pada petadan menampilkan detail informasi potensi yang ada di sepanjang jalan di wilayah KabupatenTabanan, maka dengan adanya aplikasi ini diharapkan mampu membantu user mendapatkandetail informasi jalan dan memilih objek-objek potensi yang tersebar sepanjang ruas jalan diKabupaten Tabanan untuk dilihat detail informasinya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
NURATJAYA, Gede Putu; SUYADNYA, I Made Arsa; ARYA MERTASANA, Putu. RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN JALAN UNTUK POTENSI DAERAH DI KABUPATEN TABANAN DENGAN MENGUNAKAN GOOGLE MAPS API. Jurnal SPEKTRUM, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 31-37, mar. 2016. ISSN 2684-9186. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/spektrum/article/view/20040>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Keywords
Google Maps API, Potensi Daerah, Aplikasi Berbasis Web
Section
Articles