Analisis Kebutuhan Bahasa Jepang dan Bahasa Prancis oleh Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Universitas Udayana

  • IGAG Sosiowati Universitas Udayana
  • Putu Weddha Savitri Universitas Udayana
  • Lirishati Soethama Lirishati Soethama Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang sesungguhnya dibutuhkan oleh mahasiswa Prodi Sastra Inggris dari pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Asing Pilihan (MK BAP) yaitu Bahasa Prancis dan Bahasa Jepang. Agar pembelajaran MK BAP dapat berjalan efektif dan efisien maka dibutuhkan rencana pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu analisis kebutuhan sangat penting untuk dilakukan sehingga pengajar dapat menentukan materi, metode pengajaran, maupun buku referensi yang tepat dan dapat menjawab kebutuhan mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Sastra Inggris yang telah menyelesaikan MK Bahasa Prancis dan Bahasa Jepang. Metode survey, kuisioner dan wawancara digunakan untuk mendapatkan data mengenai kebutuhan mahasiswa terhadap MK BAP  yang mengacu pada Target Needs dan Learning Needs dari Hutchinson and Waters (1987). Analisis data dilakukan dengan tekhnik deskriptif kualitatif untuk mendapatkan hasil penelitian berupa kebutuhan mahasiswa terhadap Bahasa Prancis dan Bahasa Jepang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa lebih membutuhkan kemampuan berbicara, dengan materi mengenai ungkapan yang umum digunakan, dan topic-topik yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari seperti berbelanja, memesan makanan, berbicara tentang hobby, teman, wisata dan kegiatan lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harmer, Jeremy. 1983. The Practice of English Language Teaching. London and New York: Longman

Harmer, Jeremy. 2005. The Practice of English Language Teaching (Third Edition.completely revised and edited) London and New York: Longman

Hutchinson, Tom and Waters, Alan. 1994. English for Specific Purposes. Glasgow: Bell & Bain Ltd.

Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Masduki. 2004. “Studi Kemampuan Berbahasa Inggris Mahasiswa Non-English Department” Melalui Kegiatan Intensive Course Model B’

Purnama, Asri. 2013. Needs Analysis. Available at http://asripurnama10.blogspot.co.id/2013/05/needs-analysis-analisis-kebutuhan.html, cited on 25 Januari 2017

Sukarni, Sri. 2016. Analisis Kebutuhan Bahasa Inggris Mahasiswa Universitas Nusa Tenggara Barat. Jurnal Media Bina Ilmiah Vol. 10, No.1. ISSN No. 1978-3787
Published
2020-06-20
How to Cite
SOSIOWATI, IGAG; WEDDHA SAVITRI, Putu; LIRISHATI SOETHAMA, Lirishati Soethama. Analisis Kebutuhan Bahasa Jepang dan Bahasa Prancis oleh Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Universitas Udayana. Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, [S.l.], v. 18, n. 2, p. 109-113, june 2020. ISSN 2528-7516. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pustaka/article/view/61009>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/PJIIB.2018.v18.i02.p08.
Section
Articles