Hubungan antara citra tubuh dan konformitas terhadap perilaku konsumtif pada remaja putri di Universitas Udayana

  • Ni Luh Ayu Putri Windayanti Universitas Udayana
  • Drs Supriyadi Universitas Udayana

Abstract

Perilaku konsumtif adalah tindakan yang dilakukan individu untuk membeli barang atau jasa yang berlebihan dan tanpa pertimbangan yang rasional, demi kepuasan fisik dan dorongan untuk memuaskan keinginan. Munculnya perilaku konsumtif tidak terlepas dari adanya faktor-faktor yang mempengaruhi seperti konformitas dan citra tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran citra tubuh dan konformitas pada remaja putri di Universitas Udayana. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik one stage cluster random sampling. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswi di Universitas Udayana yang berjumlah 227 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Perilaku Konsumtif, Skala Konformitas, dan Skala Citra tubuh yang sudah diuji reliabilitas dan validitasnya. Hasil uji regresi menunjukkan koefisien regresi sebesar 0,335 dan koefisien determinasi sebesar 0,113, dengan signifikasi sebesar 0,000 (p<0,05) yang berarti citra tubuh  dan konformitas secara bersama-sama berperan sebesar 11,3% dalam menjelaskan varian perilaku konsumtif. Konformitas secara mandiri diyakini dapat beperan dalam mempengaruhi perilaku konsumtif dan citra tubuh secara mandiri tidak berperan secara signifikan terhadap perilaku konsumtif. Citra tubuh hanya dapat berperan ketika bersama-sama dengan variabel konformitas.


 


Kata kunci: Perilaku konsumtif, konformitas, citra tubuh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, P.S (2008). Membentuk body image positif. Majalah Psikologi Plus, 2(12). 61-66. Diakses dari https://jurnalwacana.psikologi.fk.uns.ac.id.
Andriany, D., Prastuti, E., & Setiyowati, N. (2011). Hubungan antara body image dengan perilaku konsumtif dalam pembelian produk kosmetik pada siswi kelas X SMK Negeri 2 Malang (Skripsi, Universitas Negeri Malang). Diambil dari http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/BK-Psikologi/article/view/12496.
Anin, A., Rasimin & Atamimi, N. (2007). Hubungan self monitoring dengan impulsive buying terhadap produk fashion pada remaja. Jurnal Psikologi, 35(2). 181-193. Diakses dari https://journal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7951.
Aryani, G. (2006). Hubungan antara konformitas dan perilaku konsumtif pada remaja di SMA Negeri 1 Semarang (Skripsi, Universitas Negeri Semarang). Diambil dari https://lib.unnes.ac.id/1497.
Astasari & Sarah, (2009). Hubungan antara konformitas dengan perilaku membeli impulsif pada remaja putri (Skripsi, Universitas Wangsa Manggala). Diambil dari https://fpsi.mercubuana-yogya.ac.id.
Azwar, S. (2010a). Penyusunan skala psikologi. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2010b). Reliabilitas dan validitas. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
Bani, A. (2002). Studi tentang persepsi mahasiswa terhadap tubuh ideal dan hubungannya dengan pencapaiannya (Skripsi, Institut Pertanian Bogor). Diambil dari https://repository.ipb.ac.id/bitstream/123456789/12727/2/A02aba.pdf.
Baron, A. R., & Byrne, D. (2003). Psikologi sosial (Jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Cash, T. F., & Pruzinsky, T. (2002). Body image: A handbook of theory, research, and clinical practice. New York: The Guilford Press.
Djudiyah & Hadipranata, A. F. (2002). Hubungan pemantauan diri, harga diri, materialisme, dan uang saku dengan pembelian impulsif pada remaja. Jurnal Psikodinamik, 3(2). 57-72. Diakses dari eprints.umm.ac.id/30013/jiptummb--dianrachma-27766-2.pdf
Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (2008). Perilaku Konsumen (Jilid 1). Tangerang: Binarupa Aksara
Field, A. (2009). Discovering statistics using IBM SPSS statistics (4th ed). London: SAGE Publications Ltd.

Fitriyani, N., Widodo, P.B, & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi, 12. 55-68. doi: 10.14710/jpu.12.1.1-14.
Fransisca & Suyasa, P. T. (2005). Perbandingan perilaku konsumtif berdasarkan metode pembayaran. Jurnal Phronesis, 7(2). 172-199. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/319751850_Perbandingan_Perilaku_Konsumtif_berdasarkan_Metode_Pembayaran
Gozhali, I. (2005). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Grogan, S. (2008). Body image: Understanding body dissatisfaction in men, women and children (2nd ed). New York: Routledge.
Green, M., & Palfrey, J. S. (2008). Bright futures: Guidelines for health supervision of infants, children, and adolescents (3rd ed). Arlington, VA: National Center for Education in Maternal and Child Health.
Hadi, S. (2004). Statistika (Jilid 2). Jogjakarta: Andi.
Hurlock, E. B. (2006). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Edisi ke-5). Jakarta: Erlangga.
Indria, K., & Nindyati, A. D. (2007). Kajian konformitas dan kreativitas affective remaja. Jurnal Provitae, 3(1). 85-110. Diakses dari https://knowledge.paramadina.ac.id/index.php/file-download/viewdownload/41-publication/486-kajian-konformitas-dan-kreativitas-affective-remaja.
Januar, V., & Putri, D. E., (2007). Citra tubuh pada remaja putri menikah dan memiliki anak. Jurnal Psikologi, 1(1). 52-62. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/97697- ID-none.pdf.
Keliat, B. A. (1998). Proses Keperawatan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (Jilid 1). Jakarta: P.T. Indeks.
Kotler, P., & Susanto. (2000). Manajemen Pemasaran di Indonesia (Jilid 1). Jakarta: Salemba Empat.
Longe, J. L. (2008). Gale encyclopedia of diets: A guide to health and nutrition. Farmington Hills: The Gale Group.
Mangkunegara, A. P. (2005). Perilaku Konsumen. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mighwar, M. (2006). Psikologi Remaja. Bandung: Pustaka Setia.
Monks, F., Knoers, A., & Hadinoto, S. (2014). Psikologi perkembangan: Pengantar dan berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Myers, D. G. (2002). Social Psychology (7th ed). New York: McGraw Hill.

Ningsih, R. A. A. S., & Bawono, Y. (2016). Hubungan antara perilaku konsumtif pada produk X dengan citra diri remaja putri. Jurnal Mediapsi, 2(1). 45-50. Diakses dari http://mediapsi.ub.ac.id/index.php/mediapsi/article/download/14/12.
Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2013). Human Development (10th ed). Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.
Prasetijo, R., & Ihalauw, J. (2005). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.
Purwanto. (2008). Metodelogi penelitian kuantitatif: untuk psikologi dan pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rakhmat, J. (2009). Psikologi Komunikasi. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.
Riadi, E. (2016). Statistika penelitian (analaisis manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Ridha, M. (2012). Hubungan antara body image dengan penerimaan diri pada mahasiswa Aceh di Yogyakarta. Jurnal EMPATHY, 1(1). 111-121. Diakses dari http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=123297.
Riduwan. (2012). Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.
Rohman, J., & Baidun, A. (2013). Pengaruh citra diri (self image) dan konformitas terhadap perilaku compulsive buying pada remaja. Jurnal Psikologi, 18(2). 281-297. Diakses dari http://download.portalgaruda.org/article.php?article=402083&val=6847
Rosandi, A. F. (2004). Perbedaan perilaku konsumtif antara mahasiswa pria dan wanita di Universitas Katolik Atma Jaya (Skripsi, Universitas Atma Jaya). Retrieved from http://core.ac.uk/download/pdf/78392472.pdf.
Rosha, B., Utami, N. H., & Rachmalina, R. (2013). Peer group dan uang saku bulanan meningkatkan resiko persepsi body image negatif pada remaja putri di Bekasi. Jurnal Ekologi Kesehatan, 12 (4). 295-303. Diakses dari http://ejournal.litbang.depkes.go.id/index.php/jek/article/view/5351
Santoso, B. (2006). Bebas dari konsumerisme. Yogyakarta: Andi.
Santoso, S. (2014). Panduan lengkap SPSS versi 20. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Santrock, J. W. (2003). Adoloscence: Perkembangan remaja. Jakarta: Erlangga.
Sarwono, S. (2012). Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. (2004). Perilaku konsumen (edisi ke-7). Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Sears, D. O., Freedman, J. L., Peplau, & Letitia, A. (2009). Psikologi sosial (Jilid 2, Edisi ke-5). Jakarta: Erlangga.

Sebayang, J., Yusuf, M., & Priyatama, A. N. (2011). Hubungan antara body image dan konformitas dengan perilaku konsumtif pada siswi kelas XI SMA Negeri 7 Surakarta (Skripsi, Universitas Sebelas Maret). Diambil dari https://eprints.uns.ac.id/8120/.
Sihotang, A. (2009). Hubungan antara konformitas terhadap kelompok teman sebaya dengan pembelian impulsif remaja (Skripsi, Universitas Diponegoro). Diambil dari https://eprints.uns.ac.id/8120/pdf.
Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: C.V. Pustaka Setia.
Solomon, M. R. (2007). Consumer behavior: Buying, having and being (7th ed). New Jersey: Pearson Education, Inc.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.
Sukamto, M. E. (2006). Citra tubuh perempuan di media massa. Jurnal Psikologi, 21(3). 299-305. Diakses dari www.anima.ubaya.ac.id/class/openpdf.php?file=1350528317.pdf.
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan: Meneropong imbas pesan iklan televisi. Bandung: Alfabeta.
Sunarto. (2003). Prinsip-prinsip pemasaran. Yogyakarta: Kampus Kebangsaan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Suryabrata, S. (2006). Metodelogi penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Stuart, G. W., & Laraia, M. T. (2005). Principle and practice of psychiatric nursing (8th ed). St. Louis: Mosby.
Steinberg, L. (2002). Adolescence (6th ed). USA : McGraw Hill.
Tambuan, R. (2001, 10 Maret). Remaja dan Perilaku Konsumtif. Media dan Konsultasi Psikologi. Diakses 26 November, 2016, dari http://e-psikologi.com.
Taylor, P., & Sears. (2009). Psikologi sosial (edisi ke-12). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Thompson, J. K. (2000). Body image, eating disorders, and obesity: An intergrative guide for assesment and treatment. Washington DC: American Psychological Association.
Usman, H., & Akbar, P. S. (2000). Metodelogi penelitian sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Waller, G., & Barnes, J. (2002). Preconscious processing of body image cues: Impact on body percept and concept. Journal of Psychosomatic Research, 53(10). 1037-1041. Diakses dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0022399902004920
Zebua, A. S., & Nurdjayati, R. D. (2001). Hubungan antara konformitas dan konsep diri dengan perilaku konsumtif pada remaja putri. Jurnal Phronesis, 3(6). 72-82. Diakses dari https://philarchive.org/rec/ZEBHAK.
Zimbardo, P. G. (2007). Psychology and life (18th ed). Boston: Pearson.
Published
2019-04-27
How to Cite
WINDAYANTI, Ni Luh Ayu Putri; SUPRIYADI, Drs. Hubungan antara citra tubuh dan konformitas terhadap perilaku konsumtif pada remaja putri di Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], v. 6, n. 01, p. 96-108, apr. 2019. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/48664>. Date accessed: 15 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JPU.2019.v06.i01.p10.
Section
Articles