STRATEGI PEMASARAN PAKET WISATA PADA PT. MERRYS TOUR AND TRAVEL SERVICE

  • Aulia Sanggili
  • I Putu Sudana
  • Ni Made Sofia Wijaya

Abstract

PT. Merry’s Tour and Travel Service merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, khususnya jasa perjalanan wisata, dalam 4 tahun terakhir dan pada tahun 2015 perusahaan ini mengalami fluktuasi untuk penjualan paket wisata. Untuk itu penulisan ini membahas tentang persepsi wisatawan terhadap lingkungan internal dan eksternal dari PT. Merrys Tour and Travel Service dan juga untuk mengetahui strategi pemasaran yang akan di terapkan sesuai dengan persepsi wisatawan terhadap lingkungan internal dan eksternal dalam memasarkan paket wisatanya. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan kuisioner sebanyak 50 responden untuk lingkungan internal dari perusahaan dan 4 informan dari pihak manajemen perusahaan, 3 responden dari pihak ASITA, 3 responden dari pihak HPI, untuk analisis lingkungan eksternal sebanyak 10 responden. Hasil data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif yang di kombinasikan dengan analisis Skala Likert dan analisis SWOT.

Berdasarkan analisis Skala Likert yang dilakukan terhadap lingkungan internal dan eksternal PT. Merrys Tour and Travel Service, dan dikombinasikan dengan analisis SWOT, diketahui suatu strategi pemasaran yang dapat diterapkan PT. Merrys Tour and Travel Serviceyaitu (1) strategi penciptaan dan pengembangan produk wisata, (2) strategi peningkatan promosi (3) strategi peningkatan sumber daya manusia (4) strategi pengembangan segmentasi pasar, (5) strategi peningkatan kualitas produk dan jasa.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SANGGILI, Aulia; SUDANA, I Putu; SOFIA WIJAYA, Ni Made. STRATEGI PEMASARAN PAKET WISATA PADA PT. MERRYS TOUR AND TRAVEL SERVICE. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 38-43, dec. 2016. ISSN 2548-7930. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/26985>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/IPTA.2016.v04.i02.p08.

Keywords

Strategi Pemasaran, Lingkungan Pemasaran, Analisis SWOT

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>