STUDI EKSPLORASI PARIWISATA SPIRITUAL DI SENTRA PARIWISATA UBUD, GIANYAR (STUDI KASUS DI UBUD BODYWORK CENTRE DAN YOGA BARN)

  • I Wayan Putra Aditya PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD
  • I Ketut Suwena PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD
  • I Putu Sudana PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD

Abstract

Aktivitas pariwisata spiritual di kawasan pariwisata Ubud saat ini sudah menjadi trend yang seiring semakin berkembangnya industri pariwisata di Ubud. Terdapat dua tempat usaha jasa pariwisata spiritual yang memiliki tingkat kunjungan wisatawan yang meningkat dan sekaligus menjadi pioneer usaha jasa pariwisata spiritual di Ubud, yaitu Ubud Bodywork Centre dan Yoga Barn. Penulis mencari data mengenai elemen produk dari produk pariwisata spiritual di Ubud Bodywork Centre dan Yoga Barn. Penulis juga mencari data mengenai karakteristik dan motivasi wisatawan, serta menggolongkan tipologi wisatawan yang melakukan aktivitas pariwisata spiritual di Ubud Bodywork Centre dan Yoga Barn.

Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan. Hasil yang diperoleh berdasarkan pengumpulan data tersebut adalah bahwa elemen produk pariwisata spiritual di Ubud Bodywork Centre dan Yoga Barn dapat dilihat berdasarkan physical plant, service, hospitality, freedom of choice dan involvement. Karakteristik wisatawan yang melakukan aktivitas pariwisata spiritual di Ubud Bodywork Centre dan Yoga Barn didominasi oleh kaum perempuan dengan umur rata-rata 31-40 tahun dan mereka yang datang dengan motivasi yang terdiri atas motivasi intrinsik dan motivasi ektrinsik, secara intrinsik motivasi wisatawan adalah combination dan self belive, sedangkan secara ektrinsik adalah reference group/influence dan golongan tipologi wisatawan spiriual di Ubud Bodywork Centre dan Yoga Barn tergolong tipe Drifter dan Eksplorer. Disarankan untuk tokoh-tokoh pendahulu spiritual Ubud maupun pemilik usaha jasa pariwisata spiritual di Ubud untuk memfasilitasi orang lokal yang mempunyai keahlian di bidang aktivitas spiritual namun terkendala di bidang bahasa inggris, agar diberikan pelatihan-pelatihan maupun les yang nantinya agar guru/instruktur yoga maupun kegiatan spiritual lainnya nantinya di ajarkan langsung oleh masyarakat Ubud.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-01
How to Cite
PUTRA ADITYA, I Wayan; SUWENA, I Ketut; SUDANA, I Putu. STUDI EKSPLORASI PARIWISATA SPIRITUAL DI SENTRA PARIWISATA UBUD, GIANYAR (STUDI KASUS DI UBUD BODYWORK CENTRE DAN YOGA BARN). Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 26-31, july 2016. ISSN 2548-7930. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/22505>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/IPTA.2016.v04.i01.p05.

Keywords

Pariwisata Spiritual, Elemen Produk, Karakteristik, Motivasi, Tipologi