STRATEGI PEMASARAN PAKET WISATA PT. UBS TOUR AND TRAVEL DI DENPASAR BALI

  • Herlita Br. Tarigan PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD
  • Ni Putu Eka Mahadewi PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD
  • I Putu Sudana PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD

Abstract

PT. UBS Tour and Travel merupakan salah satu biro perjalanan wisata yang ada di Bali. Perusahaan ini mengalami fluktuasi dalam penjualan paket wisatanya dan mengalami persaingan yang semakin ketat antar Biro Perjalanan Wisata yang ada di Bali. Dengan permasalahan yang ada dalam perusahaan maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran dari PT. UBS Tour and Travel dan menganalisis lingkungan pemasaran serta membuat strategi dan program pemasaran yang dapat diterapkan di perusahaan tersebut.Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi kepustakaan dan didukung dengan kusioner. Hasil data yang diperoleh dianalisa dengan deskriptif kualitatif yang dipadukan dengan analisis Skala Likert dan analisis SWOT.
Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil analisis skala likert yang dilakukan terhadap lingkungan internal dan eksternal pada PT. UBS Tour and Travel dan dipadukan dengan analisis SWOT didapat suatu strategi pemasaran yang dapat diterapkan PT. UBS Tour and Travel yaitu (1) strategi penciptaan dan pengembangan produk wisata, (2) strategi peningkatan promosi, (3) strategi peningkatan sumber daya manusia, (4) strategi pengembangan segmentasi pasar, (5) strategi peningkatan produk dan jasa.
Saran yang dapat diberikan untuk PT. UBS Tour and Travel yaitu memperbaharui informasi tentang kemasan paket wisata yang menarik, tampilan website yang menarik, menyediakan sarana dan prasarana yang baik, mengkemas paket wisata dalam bentuk brosur yang lebih variatif, mempercepat proses pemesanan paket wisata dan kualitas pelayanan dari PT. UBS Tour and Travel yang selama ini sudah baik perlu dijaga dan ditingkatkan lagi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-12-01
How to Cite
BR. TARIGAN, Herlita; EKA MAHADEWI, Ni Putu; SUDANA, I Putu. STRATEGI PEMASARAN PAKET WISATA PT. UBS TOUR AND TRAVEL DI DENPASAR BALI. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 86-91, dec. 2015. ISSN 2548-7930. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/22846>. Date accessed: 01 dec. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/IPTA.2015.v03.i02.p15.

Keywords

Strategi Pemasaran, Paket Wisata

Most read articles by the same author(s)