PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN MANCANEGARA DI PANTAI PANDAWA, KABUPATEN BADUNG, BALI

  • Ni Wayan Vitha Wahyundari PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD
  • I Nyoman Sudiarta PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD
  • Ni Putu Eka Mahadewi PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD

Abstract

Kepuasan wisatawan merupakan salah satu faktor penting dalam pengembangan suatu destinasi wisata. Bauran pemasaran sebagai salah satu alat pemasaran, dapat digunakan untuk memberikan kepuasan kepada wisatawan. Bauran pemasaran dalam bidang jasa terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, serta sarana fisik. Pantai Pandawa merupakan salah satu destinasi wisata baru di Bali yang masih dalam proses pengembangan. Setelah dibukanya akses menuju Pantai Pandawa, wisatawan baik domestik maupun mancanegara banyak berdatangan ke pantai ini. Namun terlihat perbedaan yang sangat mencolok terhadap jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisatawan domestik di pantai ini. Untuk itu ingin diketahui bagaimana pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan wisatawan mancanegara di Pantai Pandawa, yang hasilnya diharapkan dapat dijadikan acuan dalam upaya mengembangkan Pantai Pandawa, khususnya dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Pantai Pandawa. Metode yang digunakan adalah teknik sampling non probabilitas, yaitu sampling insidental dengan menyebarkan 115 kuesioner kepada wisatawan mancanegara di Pantai Pandawa. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala likert, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis melalui uji f dan uji t. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serentak atau simultan ketujuh unsur bauran pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan wisatawan mancanegara di Pantai Pandawa. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel produk, harga, sarana fisik dan proses berpengaruh secara signifikan, sedangkan variabel tempat, promosi dan orang berpengaruh secara tidak signifikan terhadap kepuasan wisatawan mancanegara di Pantai Pandawa. Dalam penelitian ini disarankan kepada pengelola Pantai Pandawa untuk menambah aktivitas wisata air di pantai, menambah variasi menu pada rumah makan, menyediakan koneksi wifi, menata rumah makan agar lebih rapi, serta meningkatkan kebersihan fasilitas dan kebersihan lingkungan pantai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-12-01
How to Cite
VITHA WAHYUNDARI, Ni Wayan; SUDIARTA, I Nyoman; EKA MAHADEWI, Ni Putu. PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN MANCANEGARA DI PANTAI PANDAWA, KABUPATEN BADUNG, BALI. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 50-55, dec. 2015. ISSN 2548-7930. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/22836>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/IPTA.2015.v03.i02.p09.

Keywords

Bauran Pemasaran, Kepuasan Wisatawan Mancanegara

Most read articles by the same author(s)