STRATEGI PEMASARAN PAKET INBOUND TOUR: STUDI KASUS DI PT. LOTUS ASIA TOURS JIMBARAN BALI

  • Camelia Agatha Mahayu Putri PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD
  • I Putu Sudana PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD
  • I GPB. Sasrawan Mananda PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal yaitu kekuatan dan kelemahan dan eksternal yaitu peluang dan ancaman dari PT. Lotus Asia Tours serta untuk mengetahui strategi yang dapat dilakukan pihak PT. Lotus Asia Tours untuk memasarkan paket inbound tour. Lokasi penelitian dilakukan di PT. Lotus Asia Tours yang terletak di Jl. By Pass Ngurah Rai No. 18, Jimbaran Bali.. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi kepustakaan, studi dokumentasi dan didukung dengan daftar pertanyaan yang disebarkan kepada 60 informan. Daftar pertanyaan yang disebarkan berpedoman pada indikator marketing mix 7 P (product, price, place, promotion, physical evidence, people, process). Hasil data yang diperoleh lalu dianalisis dengan IFAS (Internal Factor Analysis Summary) dan EFAS ( External Factor Analysis Summary), selanjutnya untuk mengetahui posisi perusahaan digunakan matriks internal eksternal dan untuk mengetahui alternatif strategi digunakan matriks SWOT, sehingga dapat menciptakan strategi pemasaran baru serta mengembangkan program-program yang telah ada agar dapat diterapkan oleh PT. Lotus Asia Tours Jimbaran Bali. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh total nilai rata-rata lingkungan internal yaitu sebesar 3,01 dan lingkungan eksternal yaitu sebesar 2,96, dapat diketahui bahwa posisi perusahaan berada di sel IV yang berarti stability strategy dimana strategi yang tetapkan tidak merubah arah strategi yang telah ada.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-12-01
How to Cite
AGATHA MAHAYU PUTRI, Camelia; SUDANA, I Putu; SASRAWAN MANANDA, I GPB.. STRATEGI PEMASARAN PAKET INBOUND TOUR: STUDI KASUS DI PT. LOTUS ASIA TOURS JIMBARAN BALI. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 102-107, dec. 2015. ISSN 2548-7930. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/22849>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/IPTA.2015.v03.i02.p18.

Keywords

Marketing Mix, Inbound Tour

Most read articles by the same author(s)