INDEKS MASSA TUBUH TERHADAP KEJADIAN LBP NON SPESIFIK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA YANG MEMILIKI AKTIVITAS FISIK RENDAH

  • Nilam Sari Program Studi Sarjana Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Made Widnyana Departemen Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Made Krisna Dinata Departemen Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Putu Adiartha Griadhi Departemen Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Abstract

Pendahuluan: Staf kantor merupakan pegawai yang bertugas mengurus pekerjaannya dibalik meja seperti staf administrasi. Pegawai kebanyakan bekerja dengan menggunakan komputer untuk menunjang pekerjaan mereka. Postur kerja yang statis seperti duduk dalam jangka waktu lama serta durasi menatap ke layar komputer berpotensi terjadinya kelelahan serta nyeri dan ketegangan pada otot area leher hingga menjalar ke otot kepala bagian belakang sehingga terjadinya nyeri kepala atau tension headache. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui hubungan antara lama duduk dan sikap kerja dengan kejadinya tension headache pada staf pengguna komputer di Kota Singaraja.


Metode: Penelitian ini menggunakan cross-sectional study yang dilakukan di wilayah Kantor Sekretariat Daerah di Kota Singaraja. Penelitian ini menggunakan teknik sampling simple random sampling dan jumlah subjek sebanyak 50 orang yang terdiri dari staf kantor pengguna komputer yang berusia 30-64 tahun.


Hasil: : Hasil uji analisis menggunakan chi-square didapatkan nilai p=0,645 yang berarti tidak terdapat hubungan antara lama duduk dengan kejadian tension headache dan p=0,452 yang menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara sikap kerja dengan kejadian tension headache.


Simpulan: Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan kesimpulan bahwa tidak terdapat hubungan antara lama duduk dan sikap kerja dengan kejadian tension headache pada staf kantor pengguna komputer di Kota Singaraja.


 


Kata Kunci: lama duduk, sikap kerja, tension headache, staf kantor

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-09-15
How to Cite
SARI, Nilam et al. INDEKS MASSA TUBUH TERHADAP KEJADIAN LBP NON SPESIFIK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA YANG MEMILIKI AKTIVITAS FISIK RENDAH. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 11, n. 3, p. 256-261, sep. 2023. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/87455>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2023.v11.i03.p06.