THE PERBANDINGAN MYOFASCIAL RELEASE TECHNIQUE DENGAN CONTRACT RELAX STRETCHING TERHADAP PENURUNAN NYERI PADA SINDROM MYOFASCIAL OTOT UPPER TRAPEZIUS

  • Witri Okta Maruli Program Studi Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • I DP Sutjana Bagian Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Agung Wiwiek Indrayani Bagian Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Sindrom myofascial adalah kumpulan gejala dan tanda dari satu atau beberapa titik picu (trigger points ) dan dicirikan oleh nyeri otot kronis dengan peningkatan sensitivitas terhadap tekanan. Masalah lain yang akan timbul adalah berupa penurunan aktifitas leher, yaitu kesulitan dalam menggerakkan leher dan menekuk leher ke sisi yang lainnya, hal itu akan menyebabkan adanya gangguan saat melakukan aktivitas sehari- hari. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan myofascial release technique dengan contract relax stretching terhadap penurunan nyeri pada sindrom myofascial otot upper trapezius. Telah dilakukan penelitian eksperimental dengan rancangan randomized pre test and post test group design. Sampel sebanyak 22 orang dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 11 orang. Kelompok perlakuan 1 dengan myofascial release technique , sedangkan perlakuan 2 dengan contract relax stretching . Pengumpulan data dilakukan dengan mengukur penurunan nyeri menggunakan VAS ( Visual Analog Scale) pada saat sebelum dan setelah perlakuan. Dari hasil pengamatan didapat hasil selisih rerata sebelum dan sesudah perlakuan kelompok 1 yaitu 3,527±0,467 dan kelompok 2 yaitu 3,427±0,377 dengan hasil uji paired test didapatkan nilai p=0.0001 (p<0.05) pada kelompok 1 dan nilai p=0.0001 (p<0.05) pada kelompok 2. Pada analisis  kelompok perlakuan 1 memiliki rerata selisih antara nilai sebelum dan sesudah intervensi 3,53±1,55 dan kelompok perlakuan 2 memiliki rerata selisih antara nilai sebelum dan  sesudah  3,48±1,25. Dari uji beda independent sample t-test didapatkan selisih p sebelum dan sesudah intervensi 0,929 dimana p > 0.05. Maka dapat disimpulkan myofascial release technique sama baik dengan contract relax stretching untuk menurunkan nyeri pada sindrom myofascial otot upper trapezius .

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
OKTA MARULI, Witri; SUTJANA, I DP; WIWIEK INDRAYANI, Agung. THE PERBANDINGAN MYOFASCIAL RELEASE TECHNIQUE DENGAN CONTRACT RELAX STRETCHING TERHADAP PENURUNAN NYERI PADA SINDROM MYOFASCIAL OTOT UPPER TRAPEZIUS. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 3, sep. 2014. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/8470>. Date accessed: 06 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2014.v02.i03.p01.

Keywords

nyeri otot kronis, sindrom myofascial, otot upper trapezius , myofascial release technique, contract relax stretching .