THE INTERVENSI ULTRASOUND DAN FREE CARPAL TUNNEL EXERCISE LEBIH EFEKTIF DIBANDING ULTRASOUND DAN GLIDING EXERCISE TERHADAP PENURUNAN NYERI PADA KASUS CARPAL TUNNEL SYNDROME

  • - Daryono Mahasiswa Program Studi Fisioterapi, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Ari Wibawa Staff Dosen Program Studi Fisioterapi, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Ni Wayan Tianing Staff Dosen Biokimia, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Carpal Tunnel Syndrome berhubungan dengan pekerjaan yang menggunakan kombinasi antara kekuatan dan pengulangan gerak yang lama pada jari-jari tangan selama periode waktu yang lama.  Carpal Tunnel Syndrome dapat tercetus akibat paparan terhadap gerakan atau vibrasi atau akibat kesalahan posisi ergonomis yang terjadi dalam jangka waktu yang lama misalnya para pekerja melinting rokok di pabrik rokok.  Seorang pelinting rokok yang bekerja di pabrik rokok akan menghabiskan waktu berjam-jam dan melakukan gerakan tangan yang berulang-ulang yang kemungkinan besar akan berakibat pada timbulnya Carpal Tunnel Syndrome.  Tujuan penelitian untuk mengetahui intervensi yang lebih efektif antara pemberian Ultrasound dan Gliding Exercise dengan Ultrasound dan Free Carpal Tunnel Exercise terhadap penurunan nyeri pada kasus Carpal Tunnel Syndrome.  Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan pre test and post test group design.  Sampel penelitian adalah 2 kelompok yang masing-masing terdiri dari 11 orang karyawan pabrik rokok yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi.  Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 15.0, Uji normalitas menggunakan Saphiro Wilk Test, Uji homogenitas menggunakan Levene’s Test dan Uji Beda dengan t-paired.  Uji Beda dengan t-paired didapatkan nilai p=0,04 (p<0,05) menunjukkan tiap kelompok menghasilkan penurunan keluhan nyeri pre dan post perlakuan secara bermakna.  Disimpulkan bahwa intervensi Ultrasound dan Free Carpal Tunnel Syndrome lebih efektif dibanding Ultrasound dan Gliding Exercise terhadap penurunan nyeri pada kasus Carpal Tunnel Syndrome.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
DARYONO, -; WIBAWA, Ari; TIANING, Ni Wayan. THE INTERVENSI ULTRASOUND DAN FREE CARPAL TUNNEL EXERCISE LEBIH EFEKTIF DIBANDING ULTRASOUND DAN GLIDING EXERCISE TERHADAP PENURUNAN NYERI PADA KASUS CARPAL TUNNEL SYNDROME. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 1, jan. 2014. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/8429>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2014.v02.i01.p05.

Keywords

Carpal Tunnel Syndrome, Free Carpal Tunnel Exercise, Gliding Exercise