STATUS MENOPAUSE DENGAN KEJADIAN NYERI PUNGGUNG BAWAH NON-SPESIFIK PADA WANITA USIA 45-55 TAHUN

  • I Wayan Reinaisen Kertiyasa Bumi Departement of Physiotherapy, Medical Faculty, Udayana University
  • Ni Luh Nopi Andayani Departement of Physiotherapy, Medical Faculty, Udayana University
  • NI Wayan Tianing Departement of Biochemistry, Medical Faculty, Udayana University
  • I Putu Yudi Pramana Putra Departement of Physiotherapy, Medical Faculty, Udayana University

Abstract

Pendahuluan: Nyeri punggung bawah non-spesifik merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang cukup besar dalam populasi moderen, baik secara sosial dan ekonomik. Hal ini juga dapat berdampak pada banyak wanita, khususnya pada usia 45-55 tahun. Ketika wanita melalui periode menopause akan disertai dengan cukup banyak keluhan, salah satunya adalah nyeri punggung bawah non-spesifik.  Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mencari hubungan antara status menopause dengan nyeri punggung bawah non-spesifik pada wanita berusia 45-55 tahun.


Metode: Penelitian ini adalah penelitian analitik cross sectional yang dilakukan pada bulan Februari tahun 2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Sampel berjumlah 68 orang wanita dengan usia 45-55 tahun yang dibagi menjadi 2 kelompok. Variabel independen yang diukur pada penelitian ini adalah status menopause yang ditentukan menggunakan Kuesioner Menopause Johns Hopkins Medicine, sedangkan variabel dependen yang diukur yaitu nyeri punggung bawah non spesifik dengan pemeriksaan oleh fisioterapis. 


Hasil: Uji hipotesis yang digunakan adalah uji statistik Chi Square untuk menganalisis adanya hubungan status menopause terhadap risiko terjadinya nyeri punggung bawah non spesifik pada wanita usia 45-55 tahun di Desa Ubud, didapatkan nilai p ialah 0,000 atau p < 0,05.


Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara status menopause terhadapat kejadian nyeri punggung bawah non spesifik pada wanita usia 45-55 tahun di Desa Ubud.


 


Kata Kunci: menopause, nyeri punggung, non-spesifik, risiko, wanita

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-05
How to Cite
BUMI, I Wayan Reinaisen Kertiyasa et al. STATUS MENOPAUSE DENGAN KEJADIAN NYERI PUNGGUNG BAWAH NON-SPESIFIK PADA WANITA USIA 45-55 TAHUN. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 114-118, may 2022. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/75561>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2022.v10.i02.p10.

Most read articles by the same author(s)