POSTUR KERJA DENGAN RISIKO NON SPESIFIC NECK PAIN PADA PENGEMUDI BUS TRANS METRO DEWATA DI DENPASAR

  • Komang Mita Suryatni Program Studi Sarjana Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi, Medical Faculty, Denpasar, Bali
  • I Putu Yudi Pramana Putra Departement of Physiotherapy, Medical Faculty, Udayana University
  • Luh Putu Ratna Sundari Departement Physiology, Medical Faculty, Udayana University
  • Anak Agung Gede Eka Septian Utama Departement of Physiotherapy, Medical Faculty, Udayana University

Abstract

Pendahuluan: Postur kerja adalah suatu sikap yang menggambarkan bagaimana posisi badan, kepala, tangan dan kaki dengan hubungannya antar regio maupun posisi pusat gravitasi/center of gravity (COG) selama melakukan suatu pekerjaan. Non-specific neck pain (NSNP) merupakan suatu nyeri yang terjadi pada aspek posterior dan lateral leher antara garis nuchal superior dan prosesus spinosus vertebra T1 tanpa adanya tanda atau gejala patologi struktural utama dan tidak ditemukan adanya gangguan kecil maupun besar akibat dari aktivitas kehidupan sehari-hari serta tidak ditemukan pula adanya tanda-tanda neurologis dan patologi spesifik seperti keseleo dan patah tulang traumatis, tumor, infeksi spondylolysis servical atau inflamasi. Pengemudi bus didefinisikan sebagai seseorang yang mengemudikan kendaraan bus di jalan yang memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) B1 atau B2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara postur kerja dengan non-specific neck pain pada pengemudi bus Trans Metro Dewata di Denpasar.


Metode: Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik cross sectional dengan teknik purposive sampling, dianalisis menggunakan uji chi-square. Jumlah sampel yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah 90 sampel yang sesuai dengan kriteria inklusi, ekslusi dan drop out yang telah ditentukan. Cara mengumpulkan data yaitu dengan menganalisis postur kerja menggunakan Rapid Upper Limb Assessment (RULA) dan keberadaan NSNP menggunakan Neck Disability Index (NDI).


Hasil: Berdasarkan analisis uji chi-square yang telah dilakukan dalam penelitian ini, maka hasil yang diperoleh adalah p value=0,000 (p<0,05).


Simpulan: Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini yaitu ada hubungan yang signifikan antara postur kerja dengan risiko terjadinya non-specific neck pain pada pengemudi bus Trans Metro Dewata di Denpasar.


Kata Kunci: non-specific neck pain, postur kerja, pengemudi bus.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-09-13
How to Cite
SURYATNI, Komang Mita et al. POSTUR KERJA DENGAN RISIKO NON SPESIFIC NECK PAIN PADA PENGEMUDI BUS TRANS METRO DEWATA DI DENPASAR. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 190-195, sep. 2023. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/88962>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2023.v11.i02.p15.

Most read articles by the same author(s)