THE TERAPI LATIHAN KONSEP TARI GALANG BULAN EFEKTIF DALAM PENURUNAN PERSENTASE LEMAK SUBKUTAN REGIO TRICEPS PADA PELAJAR DENGAN OVERWEIGHT DI YAYASAN PERGURUAN KRISTEN HARAPAN

  • Ayu Riesky
  • Nila Wahyuni
  • I Wayan Gede Sutadarma

Abstract

Overweight adalah penumpukan lemak yang berlebihan ataupun abnormal yang dapat mengganggu kesehatan. Bali sebagai salah satu provinsi yang memiliki keanekaragaman seni dan warisan budaya dapat memberi peranan penting dalam penatalaksanaan fisioterapi pada pelajar dengan overweight salah satunya dapat berupa terapi latihan konsep tari galang bulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas terapi latihan konsep tari galang bulan dalam penurunan persentase lemak subkutan pada pelajar dengan overweight.Telah dilakukan penelitian eksperimental dengan rancangan randomized pre and post test control group design. Sampel sebanyak 52 orang dibagi menjadi 2 kelompok masing-masing 26 orang. Kelompok 1 sebagai kelompok perlakuan dengan intervensi terapi latihan konsep tari galang bulan, sedangkan kelompok 2 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan mengukur persentase lemak subkutan regio triceps menggunakan skinfold caliper sebelum dan setelah intervensi terapi latihan konsep tari galang bulan pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol.Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan persentase lemak subkutan regio triceps sebesar 1.73±0.868 persen pada kelompok perlakuan dan peningkatan persentase lemak subkutan regio triceps 0.02±0.921 persen pada kelompok kontrol dengan hasil uji paired test didapatkan nilai p=0,000 (p<0,05) pada kelompok perlakuan dan nilai p=0,192 (p<0,05) pada kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis menggunakan independent sampel t-test didapatkan hasil post test kelompok kontrol 7.14±0.63 persen dan kelompok perlakuan menjadi 5.66 ± 0.61. Uji beda selisih dengan independent t-test menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dimana p=0,000 (p<0,05).Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa terapi latihan konsep tari galang bulan efektif dalam penurunan persentase lemak subkutan regio triceps pada pelajar dengan overweight di Yayasan Perguruan Kristen Harapan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-01-20
How to Cite
RIESKY, Ayu; WAHYUNI, Nila; SUTADARMA, I Wayan Gede. THE TERAPI LATIHAN KONSEP TARI GALANG BULAN EFEKTIF DALAM PENURUNAN PERSENTASE LEMAK SUBKUTAN REGIO TRICEPS PADA PELAJAR DENGAN OVERWEIGHT DI YAYASAN PERGURUAN KRISTEN HARAPAN. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 1, jan. 2016. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/18398>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2016.v04.i01.p10.

Keywords

overweight , lemak subkutan, triceps, konsep tari galang bulan

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>