THE PELATIHAN PROPRIOSEPTIF EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN KESEIMBANGAN DINAMIS PADA PEMAIN SEPAK BOLA DENGAN FUNCTIONAL ANKLE INSTABILITY DI SSB PEGOK

  • Ni Made Lidia Swandari
  • I Putu Sutha Nurmawan
  • Luh Putu Ratna Sundari

Abstract

Seorang pemain sepak bola sangat beresiko mengalami functional ankle instability. Functional ankle instability akan mempengaruhi keseimbangan pemain sepak bola. Pelatihan proprioseptif merupakan salah satu metode untuk meningkatkan keseimbangan dinamis. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas pelatihan proprioseptif terhadap peningkatan keseimbangan dinamis. Penelitian ini adalah penelitian praeksperimental dengan rancangan penelitian one group pretest posttest design. Penelitian ini terdiri dari 20 sampel. Pelatihan dilakukan selama 6 minggu dengan frekuensi latihan 3 kali seminggu. Uji statistik menggunakan wilcoxon sign rank test menunjukan nilai p=0.000 (p<0.05), yang berarti ada perbedaan yang bermakna pada nilai rerata keseimbangan dinamis sebelum dan sesudah pelatihan. Artinya pelatihan proprioseptif memberikan peningkatan yang bermakna terhadap keseimbangan dinamis pada pemain sepak bola dengan functional ankle instability di SSB Pegok.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-01-20
How to Cite
SWANDARI, Ni Made Lidia; NURMAWAN, I Putu Sutha; SUNDARI, Luh Putu Ratna. THE PELATIHAN PROPRIOSEPTIF EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN KESEIMBANGAN DINAMIS PADA PEMAIN SEPAK BOLA DENGAN FUNCTIONAL ANKLE INSTABILITY DI SSB PEGOK. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 1, jan. 2016. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/18390>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2016.v04.i01.p05.

Keywords

Keseimbangan dinamis, functional ankle instability, pelatihan proprioseptif