Kelincahan Pemain Futsal dengan Latihan Ladder Drill Icky Shuffle: Studi Pre-Eksperimental

  • Anak Agung Sagung Desinta Dhaneswari Universitas Dhyana Pura
  • I Made Yoga Parwata Program Studi Fisioterapi, Fakultas Kesehatan, Sains dan Teknologi, Universitas Dhyana Pura, Badung, Bali
  • Antonius Tri Wahyudi Program Studi Fisioterapi, Fakultas Kesehatan, Sains dan Teknologi, Universitas Dhyana Pura, Badung, Ba
  • Ni Putu Dwi Larashati Program Studi Fisioterapi, Fakultas Kesehatan, Sains dan Teknologi, Universitas Dhyana Pura, Badung, Bali

Abstract

Pendahuluan: Futsal merupakan varian modifikasi dari sepak bola, dengan kelincahan sebagai komponen fisik utama yang diperlukan dalam permainan ini. Kelincahan adalah kemampuan individu untuk melakukan gerakan dengan memperlambat, mempercepat, mengubah arah, atau mengubah posisi tubuh tanpa kehilangan keseimbangan. Faktor-faktor internal seperti umur, jenis kelamin, dan Indeks Massa Tubuh (IMT), serta faktor eksternal seperti suhu dan kelembaban relatif, dapat memengaruhi kelincahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati pengaruh latihan ladder drill icky shuffle terhadap peningkatan kelincahan pada pemain futsal di Universitas Dhyana Pura.


Metode: Penelitian ini termasuk dalam kategori pre-eksperimental dengan desain one group pre-test dan post-test. Penelitian dilaksanakan selama 4 minggu dengan melibatkan 19 sampel. Data dikumpulkan dengan mengukur kelincahan menggunakan shuttle run test.


Hasil: Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai kelincahan pada sampel sebelum menjalani latihan ladder drill icky shuffle adalah 20,12, berada dalam kategori kurang sekali. Setelah latihan, nilai rerata kelincahan meningkat menjadi 13,80, menandakan bahwa kelincahan berada dalam kategori baik. Uji hipotesis menggunakan Paired Sample t-test menunjukkan nilai p<0,05, menunjukkan adanya pengaruh positif dari latihan ladder drill icky shuffle terhadap peningkatan kelincahan.


Simpulan: Latihan ladder drill icky shuffle memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kelincahan pada pemain futsal. Oleh karena itu, latihan ini dapat dijadikan solusi untuk menjaga dan meningkatkan kelincahan.


 


Kata Kunci: futsal, kelincahan, ladder drill icky shuffle

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-15
How to Cite
DESINTA DHANESWARI, Anak Agung Sagung et al. Kelincahan Pemain Futsal dengan Latihan Ladder Drill Icky Shuffle: Studi Pre-Eksperimental. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 33-38, jan. 2024. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/105856>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2024.v12.i01.p06.