Penerapan Latihan Skipping terhadap Kapasitas Fungsi Jantung pada Pemain Voli Pria: Studi Pre-Eksperimental

  • Ni Luh Diah Windayani Universitas Dhyana Pura
  • Agung Wahyu Permadi Program Studi Fisioterapi, Fakultas Kesehatan, Sains dan Teknologi, Universitas Dhyana Pura, Badung, Bali
  • Luh Putu Ayu Vitalistyawati Program Studi Fisioterapi, Fakultas Kesehatan, Sains dan Teknologi, Universitas Dhyana Pura, Badung, Bali
  • Ni Luh Made Reny Wahyu Sari Program Studi Fisioterapi Fakultas Kesehatan, Sains dan Teknologi Universitas Dhyana Pura, Badung, Bali

Abstract

Pendahuluan: Kebugaran fisik dan daya tahan kardiovaskuler yang optimal sangat penting bagi pemain voli untuk mendukung performa mereka. Salah satu indikator kunci dalam menilai kebugaran atlet adalah denyut nadi. Denyut nadi yang tidak optimal pada pemain voli dapat menghambat performa mereka selama pertandingan. Latihan skipping diakui sebagai metode yang efektif dalam meningkatkan daya tahan kardiovaskuler.


Metode: Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Sebanyak 20 peserta dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Penelitian dilakukan selama 4 minggu, dimulai dari tanggal 27 April hingga 23 Mei 2023, dengan pertemuan dilaksanakan sebanyak 3 kali seminggu di Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan.


Hasil: Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pre-test sebesar 84,55, sedangkan nilai post-test sebesar 73,80, mengalami penurunan sebesar 12,7% dengan nilai p=0,000, menandakan perbedaan yang signifikan.


Simpulan: Dapat disimpulkan bahwa latihan skipping memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengoptimalan denyut nadi istirahat pada pemain voli pria. Temuan ini menyoroti potensi latihan skipping sebagai metode efektif untuk meningkatkan kondisi kardiovaskuler pada pemain voli dan sekaligus dapat memperbaiki performa mereka dalam pertandingan.


 


Kata Kunci: pemain voli, latihan skipping, denyut nadi istirahat

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-15
How to Cite
WINDAYANI, Ni Luh Diah et al. Penerapan Latihan Skipping terhadap Kapasitas Fungsi Jantung pada Pemain Voli Pria: Studi Pre-Eksperimental. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 27-32, jan. 2024. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/105639>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2024.v12.i01.p05.