Pengaruh Kecepatan Angin dan Kecepatan Kendaraan Terhadap Gaya Skid Pada Mobil Chevrolet Camaro
Abstract
Abstrak
Dalam balapan mobil, mobil-mobil dipacu dalam kecepatan tinggi hingga batas maksimalnya, sehingga kecelakaan di dalam sirkuit balapan terkadang dapat terjadi. Salah satu kecelakaan dalam sirkuit yang pernah terjadi antara lain adalah terjadinya gaya lift pada mobil yang dapat menyebabkan mobil terangkat sehingga terjadi gaya slip, skid maupun rolling pada mobil. Beberapa hal yang mengakibatkan kejadian tersebut adalah kecepatan mobil kecepatan angin dan sudut tikungan, oleh sebab itu perlu diteliti ketiga parameter tersebut dengan menggunakan simulasi computer berbasis CFD. Analisis CFD dilakukan untuk mengetahui gaya slip dan skid pada kendaraan yang melaju pada berbagai variasi kecepatan. Simulasi Computational Fluid Dynamic divariasikan menjadi 6 kondisi yaitu, mobil melaju pada kecepatan 80 km/h no slip, kecepatan 80 km/h dengan slip, kecepatan 80 km/h dengan slip dan skid, kecepatan 140 km/h no slip, kecepatan 140 km/h dengan slip, kecepatan 140 km/h dengan slip dan skid. Dari hasil simulasi didapatkan bahwa terjadi pergeseran centre of gravity dari mobil saat no slip, slip dan skid, masing-masing berurutan sebesar 0 mm, 8.191043063 mm dan 11.2876569 mm untuk kecepatan 80 km/h, dan masing-masing berurutan sebesar 0 mm, 33.3943 mm dan 103.195 mm untuk kecepatan 140 km/h, artinya semakin tinggi kecepatan mobil maka pergeseran center of gravity yang menyebabkan mobil mengalami gaya slip dan skid semakin besar.
Kata kunci: Aerodinamika, CFD, gaya slip, gaya skid