Simulasi Pengaruh Penambahan Headroof Spoiler Pada Truk Dengan Aplikasi Cfd

  • Nizam Firman Nur Habibie
  • Ainul Ghurri
  • Anak Agung Adhi Suryawan

Abstrak

Abstrak
Salah satu cara yang cukup efektif untuk menambah kecepatan dari kendaraan tersebut serta menghemat penggunaan bahan
bakarnya adalah dengan melakukan pengurangan coefficient of drag (CD) pada kendaraan. Pada truck trailer, koefisien
tahanan bernilai 0,96 yang merupakan nilai koefisien tahanan tinggi dibandingkan dengan kendaraan penumpang umunya.
Adanya penambahan headroof spoiler pada truk trailer merupakan upaya untuk mengurangi koefisien tahanan dari truk
trailer yang tinggi. Metode numerik dengan menggunakan aplikasi Computational Fluid Dynamics (CFD) Ansys Fluent
adalah metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Analisis dijalankan dengan menggunakan kecepatan aliran
80km/jam, 90km/jam, dan 100 km/jam dengan menggunakan viskositas k-Omega. Analisis dilakukan dengan
membandingkan tiap simulasi penggunaan truk trailer tanpa headroof dan dengan penambahan headroof A, B, dan C
disetiap kecepatannya. Dari hasil simulasi yang dilakukan dengan aplikasi Computational Fluid Dynamics (CFD) Ansys
Fluent didapatkan bahwa penggunaan headroof spoiler mampu mengurangi koefisien tahanan dengan headroof C yang
mampu mengurangi koefisien tahanan terbaik dengan nilai tiap kecepatan adalah 80km/jam = 0,78188 , 90km/jam =
0,77475 , dan 100km/jam = 0,77858.
Kata kunci: Koefisien tahanan, CFD, Headroof spoiler, Ansys Fluent.


Abstract
One of the effective ways to increase the speed of the vehicle and to save fuel usage is to reduce the coefficient of drag (CD)
on the vehicle. In the trailer truck, the coefficient of resistance is 0.96 which is a high value of the coefficient of resistance
compared to general passenger vehicles. The addition of a spoiler headroof to the trailer truck is an effort to reduce the high
coefficient of resistance of the trailer truck. The numerical method using the Ansys Fluent Computational Fluid Dynamics
(CFD) application is the analytical method used in this study. The analysis was carried out using flow rates of 80km / h,
90km / h and 100 km / h using k-Omega viscosity. The analysis is done by comparing each simulation of the use of a trailer
truck without headroof and with the addition of headroof A, B, and C at each speed. From the results of simulations carried
out with the Ansys Fluent Computational Fluid Dynamics (CFD) application, it was found that the use of a spoiler headroof
is able to reduce the coefficient of resistance with C headroof which is able to reduce the best resistance coefficient with the
value of each speed is 80km / hour = 0.78188, 90km / hour = 0.77475, and 100km / hour = 0.77858.
Keywords: Coefficient of drag, CFD, Headroof Spoiler, Ansys Fluent.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2020-07-01
##submission.howToCite##
NUR HABIBIE, Nizam Firman; GHURRI, Ainul; ADHI SURYAWAN, Anak Agung. Simulasi Pengaruh Penambahan Headroof Spoiler Pada Truk Dengan Aplikasi Cfd. Teknik Desain Mekanika, [S.l.], v. 9, n. 3, july 2020. ISSN 2302-5182. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mekanika/article/view/63985>. Tanggal Akses: 23 apr. 2024

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 3 4 > >>