PengaruhiGeraktMakan Dan KedalamanfPotong Terhadap Kekasaran PermukaaniBlokiHeadlSilinder

  • Endra Kencanaa Adianto
  • I Gusti Komang Dwijana
  • I Made Astika

Abstrak




Abstrak


Suatu hasil produksi permesinan yang sudah berusia bertahun-tahun tentu akan mengalami kerusakan, keausan, dan masalah-masalah yang kita jumpai disekitartkita. Salahgsatu permasalahan adalah kerusakan pada blok head silinder mesin sepeda motor. Hal ini mengakibatkan bocornya pembakaran dalam ruang bakar melalui ronggayantara blok head silinder dengan blok silinder sehingga mesin akan mengalami kehilangan kompresi dan pembakaran tidak efisien.Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kekasaran pada permukan bendaukerja hasil proses sekrap, penulis melakukanpsebuah penelitian mengenai pengaruhigerak makan dan kedalaman potong pada proses sekrap terhadap kekasarannpermukaan blok head silinder mesin sepeda motor.ppDalam penelitian ini penulis menggunakan variasii besaran dari parameter – parameter proses penyekrapan, parameter yang diambil yaituu gerak makano(feeding) dan kedalaman potong (depth of cut).lHasil penelitian menunjukan proses sekrap pada kedalaman potong 0.14mm dan gerak makan90.2 mm/langkah menghasilkan permukaan dengan kekasaran rata – rata sebesar 1,285 ?m,T.mendekati nilai kekasaratrata – ratakpermukaan blok head standart sebesar 1,293 ?m.






Kata Kunci




: Sekrap, Kedalaman Potong, Gerak Makan, Kekasaran Permukaan


Abstract






he he he ng







A product of machinery will certainly be damaged, worn out, and problems that we often see around us. One of the problems is damage to t






engine cylinder head. This results in leakage of combustion in the combustion chamber through the cavity between the cylinder head and t






cylinder block so that the engine will compression loss and not efficient.
workpiece surface resulting from the shapping process, the authors do a research on the effect of feeding and depth of cut on the shappi






The purpose of this research is to determine the roughness level of t






process on the surface roughness of the engine cylinder head.






In this research, the author changed the variable






are feeding and depth of cut.






showed the shapping process at depthoof cut 0.1 mm and feeding 0.2 mm/step show average roughness of 1,285






?m, almost the same as of the standard head block surface of 1,293 ?m.







The results of the research


Keywords : Shapping, Depth Of Cut, Feeding, Surface Roughness




##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2019-07-01
##submission.howToCite##
ADIANTO, Endra Kencanaa; DWIJANA, I Gusti Komang; ASTIKA, I Made. PengaruhiGeraktMakan Dan KedalamanfPotong Terhadap Kekasaran PermukaaniBlokiHeadlSilinder. Teknik Desain Mekanika, [S.l.], v. 8, n. 3, july 2019. ISSN 2302-5182. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mekanika/article/view/53610>. Tanggal Akses: 02 nov. 2024

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 > >>