Modifikasi Mesin Genset Bensin 6000 Watt Menjadi Fleksibel Fuels (Biogas Dan Bensin)

  • I Gede Artha Negara
  • Tjokorda Gde Tirta Nindhia
  • I Wayan Surata

Abstrak




Abstrak


Kebutuhan akan bahan bakar adalah kebutuhan yang paling penting bagi kehidupan manusia, hingga saat ini keterbatasan akan energi fosil sangat terbatas, karena seiring berjalannya waktu stok dari bahan bakar fosil akan menipis dan bahan bakar tersebut juga menghasilkan kadar karbon dioksida (CO2) yang sangat tinggi yang dapat membahayakan dunia. Oleh sebab itu terdapat banyak sumber bio energi salah satunya energi biogas, biogas adalah energi yang terbarukan bersifat ramah lingkungan yang terbentuk dari proses fermentasi limbah-limbah organic. Biogas juga dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk menghidupkan mesin genset dengan menghilangkan kadar hydrogen sulfida (H2S) terlebih dahulu agar mencegah terjadinya korosi pada logam dan bagian mesin lainnya. Mesin bensin tidak dapat beroperasi 100% dengan menggunakan bahan bakar biogas tanpa adanya pengubahan pengapian dan penambahan mixer flexible fuels pada mesin. Metode yang digunakan untuk pengujian ini adalah dengan menguji konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang dihasilkan pada setiap bahan bakar, dengan ditambahkan variasi pada bahan bakar biogas yang dimurnikan dari gas H2S + H2O + CO2 dan biogas yang dimurnikan dari gas H2S + H2O saja. Terdapat juga variasi beban yang diterima oleh mesin genset sebesar 250 watt dan tanpa adanya pembebanan. Hasil penelitian menunjukan bahwa biogas yang telah di murnikan dari H2S + H2O + CO2 memiliki laju aliran dengan nilai rata-rata 4.57 menit tanpa pembebanan. Dan untuk hasil emisi gas buang yang di hasilkan biogas sangatlah baik karena kadar CO dan HC pada emisi gas buang biogas sangatlah rendah, baik itu dimurnikan oleh H2S + H2O dan yang dimurnikan oleh H2S + H2O + CO2 dengan nilai rata-rata CO= 0,04 %, HC= 17 ppm tanpa pembebanan.


Kata kunci: Biogas, Mesin genset, Bahan Bakar Fleksibel, Energi Ramah Lingkungan


Abstract


The need for fuel is the most important requirement for human life, until now the limitations of fossil energy are very limited, because over time the stock of fossil fuels will thin out and the fuel also produces very high levels of carbon dioxide (CO2) which can endanger the world. Therefore there are many bio-energy sources,, one of which is biogas energy, biogas is an environmentally friendly renewable energy formed from the fermentation process of organic wastes. Biogas can also be used as fuel to power generator engines by eliminating hydrogen sulfide (H2S) levels in advance to prevent corrosion of metals and other engine parts. The gasoline engine cannot operate 100% by using biogas fuel without any change in ignition and the addition of a flexible fuels mixer on the engine. The method used for this test is to test fuel consumption and exhaust emissions produced on each fuel, with added variations on purified biogas fuel from H2S + H2O + CO2 and purified biogas from H2S + H2O gas only. There are also variations in the load received by a generator of 250 watts and without loading. The results showed that purified biogas from H2S + H2O + CO2 had a flow rate with an average value of 4.57 minutes without loading. And for the results of exhaust emissions produced by biogas is very good because the levels of CO and HC on biogas exhaust emissions are very low, both are purified by H2S + H2O and are purified by H2S + H2O + CO2 with an average value of CO = 0, 04%, HC = 17 ppm without loading.






Keywords: Biogas, Genset Engine, Flexible Fuels, Green Energy




##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2019-07-01
##submission.howToCite##
ARTHA NEGARA, I Gede; TIRTA NINDHIA, Tjokorda Gde; SURATA, I Wayan. Modifikasi Mesin Genset Bensin 6000 Watt Menjadi Fleksibel Fuels (Biogas Dan Bensin). Teknik Desain Mekanika, [S.l.], v. 8, n. 3, july 2019. ISSN 2302-5182. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mekanika/article/view/53604>. Tanggal Akses: 24 apr. 2024

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 3 > >>