Mengubah (Converting) Genset Bensin Menjadi Fleksibel Fuels (Biogas, LPG, Bensin)

  • David Lie
  • Tjokorda Gde Tirta Nindhia
  • I Wayan Surata

Abstrak




Abstrak


Kebutuhan enegri listrik adalah salah satu energi pokok yang harus ada pada zaman sekarang. Salah satu pemanfaatan biogas yaitu menjadi bahan bakar untuk menghidupkan genset agar dapat mensuplai listrik. Biogas yang diproduksi dari sistem pertanian terintegrasi khususnya di Bali biasanya hanya di manfaatkan untuk memasak saja, namun dengan adanya genset yang sudah ada di masyarakat yang pada umumnya berbahan bakar bensin, dapat kita rubah menjadi fleksibel fuels dengan cara menambahkan mixer fleksibel fuels dan rangkaian selenoid valve agar genset ini dapat berfungsi dengan menggunakan 3 bahan bakar berbeda yaitu biogas, LPG, dan juga bensin. Metode yang digunakan untuk pengujian ini adalah dengan menguji konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang dihasilkan pada setiap bahan bakar, dengan di tambahkan variasi pada bahan bakar biogas yang dimurnikan dari gas pengotor H2S + H2O + CO2 dan biogas yang hanya di murnikan dari H2S + H2O saja. Terdapat juga variasi beban yang diterima genset sebesar 300 watt dan tanpa adanya beban untuk melihat bagaimana konsumsi bahan bakar dan emisi gas buangnya. Untuk emisi gas buang yang dihasilkan, biogas yang di murnikan oleh H2S + H2O + CO2 dengan tanpa adanya pembebanan mendapat hasil CO 0 % dan HC 0 ppm dan jika diberikan beban sebanyak 300 watt dengan menggunakan bahan bakar yang sama, hasil yang di peroleh CO sebesar 0,003% dan HC sebesar 15,56 ppm.


Kata kunci: Biogas, LPG, Bensin, Genset Fleksibel Fuels.


Abstract


The need for electricity is one of the main energies that must be present today. One of the uses of biogas is to become a fuel to turn on the generator to be able to supply electricity. Biogas produced from an integrated farming system especially in Bali is usually only used for cooking, but with a generator set that is already in the society which is generally fuel is gasoline, we can change it to flexible fuels by adding mixer flexible fuels and selenoid valve. so that this generator can function by using 3 different fuels that is biogas, LPG, and also gasoline. The method used for this test is to test fuel consumption and exhaust emissions produced on each fuels, with variations added on purified biogas from impurity gases H2S + H2O + CO2 and purified biogas from H2S + H2O only. There is also a variation of the load received by a generator of 300 watts and without the load to see how fuels consumption and exhaust emissions. For the exhaust emissions produced, biogas purified by H2S + H2O + CO2 with no loading gets CO 0% and HC 0 ppm and if given a load of 300 watts using the same fuel, the results geting by CO amounting to 0.003% and HC at 15.56 ppm.


Keywords: Biogas, LPG, Gasoline, Generator-set Flexible Fuels.




##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2019-03-01
##submission.howToCite##
LIE, David; TIRTA NINDHIA, Tjokorda Gde; SURATA, I Wayan. Mengubah (Converting) Genset Bensin Menjadi Fleksibel Fuels (Biogas, LPG, Bensin). Teknik Desain Mekanika, [S.l.], v. 8, n. 2, mar. 2019. ISSN 2302-5182. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mekanika/article/view/53542>. Tanggal Akses: 28 apr. 2024

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 3 > >>