PENGARUH DIGITAL MARKETING, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN DI MASA PANDEMI

  • Desie Wijayanti Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Suyanto Suyanto Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Sukesi Sukesi Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Abstract

Penelitian untuk mengetahui pengaruh digital marketing, kualitas pelayanan, produk terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen sebagai Variabel Intervening Pada PT Unionfam Azaria Berjaya di Masa Pandemi Covid 19 yang berjumlah 253 responden. Teknik pengambilan dengan cara memberikan penilaian sendiri terhadap sampel di antara populasi yang dipilih. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SEM AMOS 23. Hasil hipotesis bahwa pemasaran digital dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen, sedangkan untuk kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan kepuasan.


 


This study to determine the effect of digital marketing, service quality, products on purchasing decisions through consumer satisfaction as an Intervening Variable at PT Unionfam Azaria Berjaya during the Covid 19 Pandemic, totaling 253 respondents. The analytical tool used in this study is SEM AMOS 23. The results of the hypothesis are that digital marketing and product quality have a positive effect on purchasing decisions and consumer satisfaction, while service quality has no effect on purchasing decisions through satisfaction.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bimrew Sendekie Belay. (2022). NoTitleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.
Dewi, W. S., Hasiolan, L. B., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Journal of Management, 2(2).
Ekasari, R., & Mandasari, E. D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Digital Marketing Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Lipcream Pixy Di Kabupaten Sidoarjo. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 4(1), 1. https://doi.org/10.51804/iej.v4i1.1583
Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi ZIO Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603–612. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/684
Fadilah, A., Igo, I., Liza, A., Safira, F., Setyani, A., & Imam, B. (2020). Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian selama Pandemi Covid-19 pada saat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1), 46–62.
Fandy Tjiptono, 2007, Strategi Pemasaran.Edisi ke dua, penerbit Andi, Yogyakarta.
Firmansyah, Denny dan Saharuddin. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Study Kasus Pada PT. Bank Aceh Cabang Bireuen, JIPSA, Vol. 16 No. 25:79-80.
Fitriana, R.,& Chadhiq, U. (2022). PengaruhE-Commerce dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 86–96. https://doi.org/10.31942/akses.v17i1.6514
Greifie Lumintang.(2015). Analisis Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Holland Bakery Boulevard Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. Vol 3, No 1
Khotim Fadhl. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, Dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopizio Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian Vol.2 No.2 Juli
Kotler, P. a. (2005). Marketing Management. New Jersey: 12 th Edition, Prentice-Hall International, Englewood Cliffs.
Kotler, P. d. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga
Kotler, K. (2019). Marketing Management: An Asian Perspective -5th Edition. Marketing-Management.
Nafiisah,adatun, Nuringwahyu, S., & Krisdianto, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Testimoni Produk Di Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Di Toko Kosmetik Griya Ayu Gresik ) Kosmetik Griya Ayu Gresik ). Jiagabi, 10(2), 294–301.
Neuman, W. Lawrence. 2013. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitaif. Jakarta:PT Indeks.
Lestari, S. P., & R, K. A. (2019). The Effect Of Product Quality Toward Interest In. 5(2), 95–102.
Magister, ), Administrasi, I., Fakultas, B., Politik, I., Sosial, D. I., Fakultas, ), Brigjen, J., Hasan, H., & Banjarmasin, B. (2020). AnalisisPengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening pada sepeda motor Honda Scoopy do Kota Puruk Cahu Nurhayati 1) , Agus Febrianto 2) dan Rasyidi 3). Edisi Juli-Desember.
Marketing, P. D.,Produk, K., Emosional, D. A. N., Inkiriwang, M. V., Wellin, I., Ogi, J., Manajemen, J., Ekonomi, F., Inkiriwang, M. V, Ogi, I. W. J., & Djemly, W. (2022). M . V . Inkiriwang , I . W . J . Ogi , W . Djemly The Influence Of Digital Marketing , Product Quality And Emotional On Consumer Satisfaction Of Pinky Kitty Shop TondanoOleh : Jurnal EMBA Vol . 10 No . . 10(3), 587–596.
Prayogo. 2020. Materi Webinar Idei 2 Juli. Ketua Konsultan Kewirausahaan& Manajemen Bisnis
Putri, L. S. (2019). The Effect of product Quality Toward Interest In BuyingUMKM Product In Tasikmalaya City. JOBS (Jurnal Off Business Studies) Vol. 5 No. 2, 95-102.
Putro, S. W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran HappyGarden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/1404
Riyadi, S., Susilo, D., Sufa, S. A., & Dwi Putranto, T. (2019). Digital marketing strategies to boost tourism economy: Acase study of atlantis land Surabaya. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(5), 468–473 https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7553
Sandra O. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan body scrub PT Ramos Surabaya
Sukesi, (2020). Riset Pemasaran (Disertai contoh-contoh dan Studi Kasus). Surabaya: Unitomo Press
Sukesi . (2011). Analisis Konsekuensi Kualitas Pelayanan Tehadap Kepuasan Masyarakat (Kajian pada Pengguna Pelayanan Publik Dinas Perhubungan & LLAJ Provinsi Jawa Timur). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(1), 61–75. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/18245
Sukesi, & Hadi. (2012). Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Service PT Auto 2000 di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 3(2), 171–182. http://repository.unitomo.ac.id/3076/
Sumaedi, Sik, Bakti, I Gede Mahatma Yuda dan Yarmen, Medi. 2012. The Empirical Study Of Public Transport Passengers Behavioral Intentions: The Roles Of Service Quality, Perceived Sacrifice, Perceived Value, and Satisfaction (Case Study: Paratransit Passengers in Jakarta, Indonesia). International Journal for Traffic and Transport Engineering, Vol. 2, No. 1, Tahun 2012.
Sumarlinah, Y. (2022). The Role of Digital Marketing, Service Quality, Product Quality on Purchasing Power through the Satisfaction of Probolinggo MSME Followers during the Covid-19 Pandemic.International Journal of Applied Business and International Management (IJABIM, 7(1), 96–105. https://doi.org/10.32535/ijabim.v6i3.1443
Sumarni. (2020). Digital Marketing ] Digital marketing disruption. E-Marketing Strategic Planning (Strategi Perencanaan E-Marketing) Smith, 1, 24–30.Tjiptono. Fandy dan Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality and Satisfaction. Edisi 4. Penerbit Andi. Surabaya
Published
2023-03-17
How to Cite
WIJAYANTI, Desie; SUYANTO, Suyanto; SUKESI, Sukesi. PENGARUH DIGITAL MARKETING, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN DI MASA PANDEMI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 117 - 136, mar. 2023. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/97834>. Date accessed: 12 may 2025. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i02.p01.
Section
Articles