HUBUNGAN UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, INTERNASIONALISASI, PENGELUARAN CSR DENGAN KINERJA PERUSAHAAN
Abstract
Penelitian ini memiliki dua tujuan. Tujuan pertama adalah untuk memperoleh bukti empiris apakah ukuran perusahaan, profitabilitas, internasionalisasi berhubungan dengan pengeluaran CSR perusahaan. Tujuan kedua yaitu memberikan bukti empiris bahwa pengeluaran CSR perusahaan berhubungan dengan kinerja perusahaan. Sampel terdiri dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia perioda tahun 2010-2019 dengan total sampel yaitu 341. Pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini memberikan dua bukti. Pertama ukuran perusahaan dan profitabilitas berhubungan positif dan signifikan secara statistik dengan pengeluaran CSR perusahaan. Sebaliknya, internasionalisasi berhubungan negatif dengan pengeluaran CSR. Kedua, pengeluaran CSR berhubungan positif dan signifikan dengan kinerja perusahaan di masa depan. Implikasi praktis dari temuan ini adalah pengeluaran CSR berhubungan dengan kinerja keuangan perusahaan dan pengeluaran ini mungkin saja menjadi sinyal kinerja di masa depan. Kata kunci; ukuran perusahaan; profitabilitas; internasionalisasi; pengeluaran CSR; kinerja perusahaan