PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE

  • Ni Made Aprilia Dea Cahyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ni Made Asti Aksari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Citra merek merupakan faktor penting dalam bisnis smartphone. Citra merek adalah penilaian konsumen terhadap sebuah merek berdasarkan interaksinya dengan merek tersebut. Pada era perkembangan teknologi seperti saat ini, peran smartphone dalam kehidupan masyarakat menjadi semakin penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian smartphone. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 120 responden yang berdomisili di Kota Denpasar dan merupakan pengguna iPhone. Jumlah sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan google form, dimana data kemudian diolah dan dianalisa menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek, harga, dan promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan temuan tersebut, maka untuk memengaruhi keputusan pembelian konsumen, pihak pemasar iPhone di Kota Denpasar sebaiknya mempertahankan citra merek yang baik, menentukan harga yang sesuai, dan melakukan kegiatan promosi yang menarik dalam memasarkan produk iPhone. Kata kunci: citra merek; harga; keputusan pembelian; promosi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-30
How to Cite
CAHYANI, Ni Made Aprilia Dea; AKSARI, Ni Made Asti. PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 11, p. 1957 - 1976, nov. 2022. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/93912>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i11.p06.
Section
Articles