CO-CREATION MARKETING PADA KEPUASAN MERCHANT GOFOOD BY GOJEK INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh co-creation yang terdiri dari Dialogue, Access To Information, Risk Assessment dan Transparency atau DART model terhadap perceived value dan satisfaction dari merchantGoFood. Co-creationmerupakan prosedur untuk membuat layanan melalui hasil masukan dari pelanggan untuk mendukung proses inovasi yang dilakukan oleh perusahaan. Penelitian ini dilakukan terhadap UMKM di Kota Surabayadan aktif menjadi merchant GoFood. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah 320 merchant. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan (structural equation model) SEM PLS. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dialogue, acces to information, risk assessment, dan transparency berpengaruh positif signifikan terhadap merchant’s perceived value dan merchant’s satisfaction pada layanan GoFood di Kota Surabaya. Hasil penelitian juga menjelaskan bahwa merchant’s perceived value berpengaruh positif signifikan terhadap merchant’s satisfaction. Merchant’s perceived value dapat memediasi secara parsial pengaruh dialogue, acces to information, risk assessment, dan transparency terhadap merchant’s satisfaction pada layanan GoFood di Kota Surabaya. Hasil ini menjelaskan bahwa aktivitas dialogue, pemberian access to information, risk assessment, dan transparency memiliki peran penting untuk meningkatkan value yang dirasakan oleh merchant dan berdampak pada peningkatan kepuasan mechant. Kata kunci: co-creation, DART model, merchant’s perceived value, dan merchant’s satisfaction