PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM), PERSEPSI RISIKO, KEPERCAYAAN PELANGGAN, DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN E-COMMERCE TOKOPEDIA

  • I Gusti Ngurah Satria Wijaya Institut Teknologi dan Bisnis Stikom Bali http://orcid.org/0000-0001-6479-4346
  • Ni Wayan Cahya Ayu Pratami Institut Teknologi dan Bisnis Stikom Bali
  • Ni Nyoman Muryatini Institut Teknologi dan Bisnis Stikom Bali
  • Gede Dharmadi Yasa Institut Teknologi dan Bisnis Stikom Bali

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh electronic word of mouth (E-WOM), persepsi risiko terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi dari e-commerce Tokopedia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari kuisioner yang dibagikan kepada masyarakat yang pernah melakukan pembelian di kota Denpasar. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis structural equation model (SEM). Hasil dari penelitian ini pertama adalah E-WOM berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan Tokopedia, persepsi risiko berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan Tokopedia, variabel E-WOM tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Tokopedia, persepsi risiko tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Tokopedia, dan kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepercayaan Tokopedia.


Kata Kunci : E-Commerce; W-WOM; Persepsi Risiko; Kepercayaan; Keputusan Pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-25
How to Cite
WIJAYA, I Gusti Ngurah Satria et al. PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM), PERSEPSI RISIKO, KEPERCAYAAN PELANGGAN, DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN E-COMMERCE TOKOPEDIA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 190 - 209, jan. 2022. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/79786>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i01.p10.
Section
Articles