PERUBAHAN POLA STRATEGI PEMASARAN KERAJINAN TANGAN DI SINGARAJA PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Desak Made Febri Purnama Sari Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Kadek Risa Indriyani Universitas Pendidikan Nasional

Abstract

Perubahan pola strategi pemasaran kerajinan tangan di Singaraja pada masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan strategi yang dilakukan oleh pengerajin tangan di Singaraja pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan lima informan yang sudah dipilih. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Tigawasa karena di Desa Tigawasa terkenal akan kerajinan tangannya. Hasil penelitian ini yaitu, para pengerajin di Desa Tigawasa melakukan perubahan strategi pemasaran menggunakan digital marketing menggunakan aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Selain itu pengerajin juga menggunakan e-commerce yaitu dengan aplikasi Shopee. Penelitian ini juga mendapatkan hasil  bahwa, para pengerajin di Desa Tigawasa menggunakan strategi marketing mix 4P dan menerapkan langkah-langkah stratgei pemasaran yaitu segmentasi pasar, penentuan target pasar, dan posisi pasar.


Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Digital Marketing,  Marketing Mix 4P,  Langkah-langkah Strategi Pemasaran.


Perubahan pola strategi pemasaran kerajinan tangan di Singaraja pada masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan strategi yang dilakukan oleh pengerajin tangan di Singaraja pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan lima informan yang sudah dipilih. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Tigawasa karena di Desa Tigawasa terkenal akan kerajinan tangannya. Hasil penelitian ini yaitu, para pengerajin di Desa Tigawasa melakukan perubahan strategi pemasaran menggunakan digital marketing menggunakan aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Selain itu pengerajin juga menggunakan e-commerce yaitu dengan aplikasi Shopee. Penelitian ini juga mendapatkan hasil  bahwa, para pengerajin di Desa Tigawasa menggunakan strategi marketing mix 4P dan menerapkan langkah-langkah stratgei pemasaran yaitu segmentasi pasar, penentuan target pasar, dan posisi pasar.


Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Digital Marketing,  Marketing Mix 4P,  Langkah-langkah Strategi Pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-25
How to Cite
FEBRI PURNAMA SARI, Desak Made; RISA INDRIYANI, Ni Kadek. PERUBAHAN POLA STRATEGI PEMASARAN KERAJINAN TANGAN DI SINGARAJA PADA MASA PANDEMI COVID-19. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 170 - 189, jan. 2022. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/79741>. Date accessed: 13 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i01.p09.
Section
Articles